Page 227 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 227
lmp/ementasi Coad Covernance dan TQM di Universitas Terbuka
bahwa lulusan menjadi pengusaha dan wira usaha yang tangguh, mampu
menciptakan lapangan kerja, serta memberikan nilai tambah yang signifikan
dalam bidang pembangunan ekonomi, sosial, teknologi, dan sebagainya.
Satu hal yang semua memiliki kepentingan yang sama adalah lulusan yang
berkual itas.
Sebagai suatu sistem yang meliputi input, proses, dan outpu,t produk
institusi perguruan tinggi berupa lulusan sangat beragam dalam
kompetensi, jenis profesi yang dipilih, serta manfaat dan nilai tambah yang
diberikan dalam kehidupan kemasyarakatan setelah lulus dari pendidikan
tinggi. Sekalipun masyarakat menginginkan semua lulusan berkualitas
tinggi, input perguruan tinggi sangat beragam. Demikian pula proses
pembelajaran di perguruan tinggi sekalipun secara karakteristik dan tipologi
relatif sama, setiap peserta didik memiliki minat, daya juang, bakat, serta
orientasi karier yang beragam, sesuai dengan latar belakang pemikiran
serta peluang serta kondisi lingkungan yang sangat unik yang dimiliki
masing-masing peserta didik. Oleh sebab itu pada saringan kendali kualitas
pada akhir suatu program pembelajaran, misalnya diberikan melalui
penilaian hasil belajar, setiap peserta didik menunjukkan kinerja hasil
belajar yang berbeda.
Para peserta didik pada institusi perguruan tinggi jarak jauh sebenarnya
jauh lebih beruntung, karena mereka dibekali dengan bahan ajar terstruktur
yang sama, yang secara khusus dirancang untuk proses belajar mandiri,
dilengkapi dengan latihan dan tugas mandiri yang harus dikerjakan peserta
didik, serta dilengkapi pula dengan petunjuk jawaban dan pengerjaan tugas
dan latihan. Para peserta didik pendidikan jarak jauh juga dibimbing
melalui suatu layanan bantuan belajar yang secara format sama, diuji
menggunakan alat ukur penilaian hasil belajar yang sama, yang telah
disiapkan dengan baik melalui suatu proses kalibrasi dan pengecekan
kesahihan dan keteradaan instrumen penilaian hasil belajar.
Untuk menjawab tantangan perubahan kebutuhan pihak pemangku
kepentingan, institusi perguruan tinggi jarak jauh terus berupaya
memperbaiki sistem, prosedur, dan layanan yang diberikan. Terlebih lagi
dalam konteks global, pendidikan jarak jauh merupakan layanan
pendidikan yang tidak mengenal batas geografi dan geopolitik. Karakteristik
dan filosofinya yang egaliter memberikan pendidikan jarak jauh terbuka
untuk perbaikan dalam gagasan, sistem, metode, serta penerapannya.
218