Page 227 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 227

lmp/ementasi Coad Covernance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                 bahwa  lulusan  menjadi  pengusaha  dan  wira  usaha  yang  tangguh,  mampu
                                 menciptakan  lapangan  kerja,  serta memberikan  nilai tambah yang signifikan
                                 dalam  bidang  pembangunan  ekonomi,  sosial,  teknologi,  dan  sebagainya.
                                 Satu  hal  yang  semua  memiliki  kepentingan  yang  sama  adalah  lulusan  yang
                                 berkual itas.
                                 Sebagai  suatu  sistem  yang  meliputi  input,  proses,  dan  outpu,t  produk
                                 institusi  perguruan  tinggi   berupa  lulusan  sangat  beragam  dalam
                                 kompetensi,  jenis profesi  yang dipilih, serta  manfaat dan  nilai  tambah  yang
                                 diberikan  dalam  kehidupan  kemasyarakatan  setelah  lulus  dari  pendidikan
                                 tinggi.  Sekalipun  masyarakat  menginginkan  semua  lulusan  berkualitas
                                 tinggi,  input  perguruan  tinggi  sangat  beragam.  Demikian  pula  proses
                                 pembelajaran di  perguruan tinggi  sekalipun  secara  karakteristik dan tipologi
                                 relatif  sama,  setiap  peserta  didik  memiliki  minat,  daya  juang,  bakat,  serta
                                 orientasi  karier  yang  beragam,  sesuai  dengan  latar  belakang  pemikiran
                                 serta  peluang  serta  kondisi  lingkungan  yang  sangat  unik  yang  dimiliki
                                 masing-masing peserta didik. Oleh  sebab  itu pada  saringan  kendali  kualitas
                                 pada  akhir  suatu  program  pembelajaran,  misalnya  diberikan  melalui
                                 penilaian  hasil  belajar,  setiap  peserta  didik  menunjukkan  kinerja  hasil
                                 belajar yang berbeda.
                                 Para  peserta  didik  pada  institusi  perguruan  tinggi  jarak  jauh  sebenarnya
                                 jauh  lebih  beruntung,  karena  mereka dibekali dengan bahan ajar terstruktur
                                 yang  sama,  yang  secara  khusus  dirancang  untuk  proses  belajar  mandiri,
                                 dilengkapi  dengan  latihan  dan  tugas  mandiri  yang  harus dikerjakan  peserta
                                 didik, serta dilengkapi pula dengan petunjuk jawaban dan  pengerjaan tugas
                                 dan  latihan.  Para  peserta  didik  pendidikan  jarak  jauh  juga  dibimbing
                                 melalui  suatu  layanan  bantuan  belajar  yang  secara  format  sama,  diuji
                                 menggunakan  alat  ukur  penilaian  hasil  belajar  yang  sama,  yang  telah
                                 disiapkan  dengan  baik  melalui  suatu  proses  kalibrasi  dan  pengecekan
                                 kesahihan dan  keteradaan  instrumen penilaian hasil  belajar.
                                 Untuk  menjawab  tantangan  perubahan  kebutuhan  pihak  pemangku
                                 kepentingan,  institusi  perguruan  tinggi  jarak  jauh  terus  berupaya
                                 memperbaiki  sistem,  prosedur,  dan  layanan  yang  diberikan.  Terlebih  lagi
                                 dalam  konteks  global,  pendidikan  jarak  jauh  merupakan  layanan
                                 pendidikan yang tidak mengenal  batas  geografi  dan geopolitik.  Karakteristik
                                 dan  filosofinya  yang  egaliter  memberikan  pendidikan  jarak  jauh  terbuka
                                 untuk  perbaikan  dalam  gagasan,  sistem,  metode,  serta  penerapannya.




                                 218
   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232