Page 225 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 225

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                                implementasi  GCG  dan  TQM  memiliki  karakteristik  dan  benang  merah
                                yang  sama  pula,  sekalipun  setiap  organisasi  memiliki  visi,  misi,  prioritas,
                                target dan  sasaran  yang berbeda satu  sama  lain.

                                Prinsip-prinsip GCG  dan  TQM  merupakan  tata  nilai  yang  diadopsi  sebagai
                               tata  nilai  yang  mendasari  budaya  dan  dinamika  gerak  suatu  organisasi.
                                Prinsip-prinsip  tersebut  bersifat  umum,  dan  setiap  organisasi  dapat
                                menjabarkannya dalam  pernyataan  tata  nilai  yang  lebih  rinci,  menyeluruh,
                               dan terukur.  Organisasi  yang baik terus  berupaya memastikan  bahwa setiap
                               orang  dalam  organisasi  tersebut  memahami  prinsip-prinsip  tersebut  dan
                               secara  konsisten   menerapkannya  dalam  budaya  kerja  sehari-hari.
                               Organisasi  mengadopsi  GCG  dan  TQM  dengan  cara  secara  konsisten
                               merumuskan  visi,  misi,  rencana  strategis  maupun  rencana  operasional
                               berlandaskan prinsip-prinsip GCG dan TQM.

                               Prinsip-prinsip GCG dan TQM yang dimaksud secara  umum terkait dengan
                               beberapa  kata  kunci  seperti  transparansi,  akuntabilitas, efektivitas,  efisiensi,
                               bebas  cacat,  sistem  dan  prosedur,  tanggung  jawab  bersama,  serta  fokus
                               pada  pengguna  jasa.  Cukup  mudah  bagi  siapa  saja  untuk  mendefinisikan
                               pengertian  kata-kata  kunci  tersebut,  dan  terlebih  lagi  sangat  mudah  bagi
                               siapa  saja  untuk  mendaftar  kata-kata  tersebut.  Bagi  pemimpin  suatu
                               organisasi,  satu  langkah  awal  penting  yang  harus  dilakukan  adalah
                               menyamakan  persepsi  bersama-sama  dengan  semua  manajemen  dan  staf,
                               terus  mensosialisasikan  dan  menginternalisasikannya,  serta  memberikan
                               supervisi  dalam  implementasi.  Langkah  konkret menjadi  lebih  sulit  namun
                               selalu  berhasil  untuk dilakukan dengan  semangat,  niat dan  komitmen yang
                               sungguh-sungguh.
                               Kemudian  sekali  GCG  dan  TQM  diterapkan  secara  konsisten,  upaya  yang
                               berikutnya  yang  semakin  sulit  adalah  terus  menjaga,  memelihara,  dan
                               memperbaikinya  secara  terus  menerus.  Manajemen  harus  dapat  memberi
                               contoh dan tidak mungkin dapat mengendurkan semangat untuk menjamin
                               keberlanjutan  implementasi  GCG  dan  TQM.  Pemimpin  puncak  institusi
                               harus  terus  mengikuti  secara  seksama,  memantau,  mengevaluasi,  terjun
                               langsung  melakukan  supervisi,  pelatihan,  pemecahan  masalah,  dan  terus
                               memperbaiki   sistem   dan   implementasi   GCG   dan   TQM   secara
                               berkelanjutan.  lmplementasi  GCG  dan  TQM  menjadi  semacam  bentuk
                               spiral  yang terus  naik  menjulang ke  atas,  terus  memperbaiki diri, dan  terus
                               menjadi  instrumen,  tujuan  sekaligus  budaya  kerja  yang  bersama-sama




                               216
   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229   230