Page 225 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 225
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
implementasi GCG dan TQM memiliki karakteristik dan benang merah
yang sama pula, sekalipun setiap organisasi memiliki visi, misi, prioritas,
target dan sasaran yang berbeda satu sama lain.
Prinsip-prinsip GCG dan TQM merupakan tata nilai yang diadopsi sebagai
tata nilai yang mendasari budaya dan dinamika gerak suatu organisasi.
Prinsip-prinsip tersebut bersifat umum, dan setiap organisasi dapat
menjabarkannya dalam pernyataan tata nilai yang lebih rinci, menyeluruh,
dan terukur. Organisasi yang baik terus berupaya memastikan bahwa setiap
orang dalam organisasi tersebut memahami prinsip-prinsip tersebut dan
secara konsisten menerapkannya dalam budaya kerja sehari-hari.
Organisasi mengadopsi GCG dan TQM dengan cara secara konsisten
merumuskan visi, misi, rencana strategis maupun rencana operasional
berlandaskan prinsip-prinsip GCG dan TQM.
Prinsip-prinsip GCG dan TQM yang dimaksud secara umum terkait dengan
beberapa kata kunci seperti transparansi, akuntabilitas, efektivitas, efisiensi,
bebas cacat, sistem dan prosedur, tanggung jawab bersama, serta fokus
pada pengguna jasa. Cukup mudah bagi siapa saja untuk mendefinisikan
pengertian kata-kata kunci tersebut, dan terlebih lagi sangat mudah bagi
siapa saja untuk mendaftar kata-kata tersebut. Bagi pemimpin suatu
organisasi, satu langkah awal penting yang harus dilakukan adalah
menyamakan persepsi bersama-sama dengan semua manajemen dan staf,
terus mensosialisasikan dan menginternalisasikannya, serta memberikan
supervisi dalam implementasi. Langkah konkret menjadi lebih sulit namun
selalu berhasil untuk dilakukan dengan semangat, niat dan komitmen yang
sungguh-sungguh.
Kemudian sekali GCG dan TQM diterapkan secara konsisten, upaya yang
berikutnya yang semakin sulit adalah terus menjaga, memelihara, dan
memperbaikinya secara terus menerus. Manajemen harus dapat memberi
contoh dan tidak mungkin dapat mengendurkan semangat untuk menjamin
keberlanjutan implementasi GCG dan TQM. Pemimpin puncak institusi
harus terus mengikuti secara seksama, memantau, mengevaluasi, terjun
langsung melakukan supervisi, pelatihan, pemecahan masalah, dan terus
memperbaiki sistem dan implementasi GCG dan TQM secara
berkelanjutan. lmplementasi GCG dan TQM menjadi semacam bentuk
spiral yang terus naik menjulang ke atas, terus memperbaiki diri, dan terus
menjadi instrumen, tujuan sekaligus budaya kerja yang bersama-sama
216