Page 223 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 223
lmplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Perlu dicatat di sini ada pendapat bahwa inovasi TQM banyak memetik
pembelajaran dari praktek efektivitas dan efisiensi yang banyak diterapkan
di dunia militer yang notabene adalah institusi publik yang berupaya
mencapai tujuan-tujuan publik yang dinyatakan oleh pemerintah selaku
pengambil kebijakan.
Pendahuluan ini diharapkan memberikan wawasan kepada pembaca
tentang asal usul GCG dan TQM dan bagaimana kedua gagasan tersebut
diterapkan, baik pada institusi publik maupun swasta. Pada zaman yang
serba cepat berubah seperti saat ini, baik institusi publik maupun swasta
sama-sama memiliki tujuan untuk memberikan layanan prima kepada
pengguna jasa sebagai imbalan atas biaya yang telah dikeluarkan untuk
memperoleh layanan maupun produk yang diinginkannya. GCG dan TQM
dipandang oleh organisasi sebagai alat yang efektif untuk mencapai tujuan
tersebut, dan organisasi berupaya untuk dapat menerapkannya secara
efektif agar tujuan tersebut dapat dicapai secara memuaskan.
Pengguna jasa publik maupun swasta memiliki kebutuhan yang senantiasa
berubah sejalan dengan dinamika sosial dan politik, pertumbuhan
ekonomi, tuntutan pembaharuan kompetensi profesional secara
berkelanjutan, perkembangan teknologi, perubahan kultural, serta berbagai
faktor perubahan lainnya. Organisasi yang tangguh dan lestari berupaya
untuk memperbaiki kinerja secara berkelanjutan serta menyesuaikan diri
secara konsisten dengan berbagai dinamika perubahan tersebut. Prinsip-
prinsip GCG dan TQM diadopsi, diterapkan dan terus dievaluasi sebagai
instrumen perubahan, pengendalian dan rekayasa ulang agar suatu
organisasi dapat terus mengupayakan kreativitas, adaptabilitas dan inovasi
berjalan dengan baik untuk menjamin kelangsungan usahanya.
Prinsip-prinsip GCG dan TQM diterapkan secara luas pada berbagai bentuk
organisasi, publik maupun swasta, pencari laba maupun nirlaba, usaha
besar maupun usaha kecil, serta industri dan manufaktur maupun jasa.
Terlepas dari asal dan usulnya, GCG dan TQM diterapkan pada sektor jasa,
termasuk layanan pendidikan tinggi. Sekalipun inovasi GCG dan TQM baru
dimulai pada awal abad ke-20, dan baru dirumuskan secara konseptual dan
diterapkan secara konsisten dalam sektor industri dan manufaktur setelah
Perang Dunia 11, adopsi dalam bidang pendidikan baru mulai marak pada
dasawarsa 1970-an.
214