Page 231 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 231

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                          Kualitas  menjadi  perhatian  pihak  yang berkepentingan dengan
                                          pendidikan,  terlepas  dari  jenis,  jenjang,  jalur,  dan  metode
                                          pendidikan  yang  diterapkan.  Tuntutan  kualitas  pendidikan
                                          terkait  erat  dengan  berbagai  upaya  dalam  meningkatkan
                                          kompetensi  lulusan,  daya  saing  SDM  maupun  akuntabilitas.
                                          Upaya   peningkatan   kualitas   SPJJ   hendaknya   bersifat
                                          menyeluruh,  sistematik  dan  berkelanjutan,  yang  mencakup
                                          produk, proses,  rancangan,  penyampaian, dan filosofi SPjJ.
                                          Peningkatan  kualitas  terkait dengan  penilaian  internal  maupun
                                          eksternal.  Penilaian  eksternal  melibatkan  pihak  luar  seperti
                                          lembaga  akreditasi,  asosiasi  profesi,  serta  benchmarking
                                          dengan  institusi  penyelenggara  SPJJ  yang  memiliki  standar
                                          kualitas  tinggi.  Sebuah  institusi  PTJJ  yang  berkualitas  tinggi
                                          akan  mampu  memberikan  layanan  terbaik  kepada  pengguna
                                         jasa dari  berbagai  lapisan tanpa dibatasi  oleh  lokasi  geopolitik,
                                         status  sosial,  kemampuan  ekonomi, dan  akses  pada  teknologi.
                                          lnstitusi  yang  berkualitas  akan  mampu  bersaing  dan  sekaligus
                                         bersinergi  dalam  berbagai  bidang  yang  menjadi  misi  utama
                                         institusi,  termasuk  dalam  bidang  pendidikan  dan  pengajaran,
                                         penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

                               Analisis situasional  tentang jaminan kualitas tersebut menempatkan  kualitas
                               sebagai  fokus  utama  pengembangan  UT.  Rencana  Strategis  dan  Rencana
                               Operasional  UT  menempatkan  kualitas  sebagai  prioritas  utama  yang  tidak
                               dapat  ditawar,  apalagi  ditunda.  Rumusan  tiga  fokus  pengembangan  UT
                               dinyatakan  dalam  Rencana  Strategis  sebagai  berikut:  "Faktor  internal  yang
                              secara  dominan  berpengaruh  pada  perkembangan  UT  di  masa  depan
                               meliputi: (1)  Peningkatan  kualitas  dan  relevansi akademik,  (2)  Peningkatan
                              daya  jangkau  layanan  pendidikan,  dan  (3)  Peningkatan  manajemen
                               internal"  (UT,  2004,  hal.  16). Jelas  dinyatakan  di  dalam  Rencana  Strategis
                               UT,  bahwa  fokus  Peningkatan  Kualitas  dan  Relevansi  Akademik
                              memayungi  upaya pengembangan  UT dengan landasan GCG dan TQM.
                              Upaya  peningkatan  kualitas  UT  secara  sistematik,  komprehensif  dan
                              berkelanjutan  kemudian  dilakukan  dengan  membangun  sistem  dan
                              mekanisme  internal  penjaminan  kualitas  melalui  pembentukan  Tim  Sistem
                              jaminan  Kualitas  (2001),  yang  kemudian  diikuti  penyusunan  kebijakan
                              tentang Sistem  Jaminan  Kualitas  atau  Simintas  (2002),  pembentukan  Pusat
                              Jaminan  Kualitas  (Pusmintas)  serta  implementasi  Simintas  secara  konsisten
                              (2003).  Kemudian  mulai  tahun  2005  dan  seterusnya,  UT  mengundang





                              222
   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236