Page 236 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 236
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
lmplementasi GCG dan TQM dapat berjalan baik berkat komitmen,
kesungguhan, dan konsisten manusia yang menerapkannya. Sistem
pengelolaan dan pemerintahan apapun hanya dapat berjalan bilamana ada
konsisten pengambil kebijakan, pimpinan, manajemen dan seluruh staf
untuk bersama-sama secara konsisten menerapkan sistem yang telah
disepakati, mempunyai kepedulian dan rasa kepemilikan, serta sama-sama
ikut memikul tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi masing-
masing. lmplementasi GCG dan TQM hanya akan dapat dipertahankan dan
ditingkatkan melalui semangat dan upaya tindakan perbaikan berkelanjutan
yang tak pernah kendor.
F. Penutup
Sebuah institusi perguruan tinggi dibangun untuk jangka waktu yang tidak
terbatas sepanjang peradaban manusia masih ada. Belajar dari praktek baik
institusi perguruan tinggi yang telah bertahan lama dan terus meningkatkan
kualitasnya, UT harus selalu memperbaiki sistem dan prosedur yang
digunakan, mengantisipasi dan secara efektif memenuhi kebutuhan
penggunajasa, dan terus menerapkan prinsip-prinsip GCG dan TQM.
Belajar dari sejarah, institusi perguruan tinggi yang maju mempelopori
penelitian, eksplorasi, inovasi serta pengembangan dalam bidang sain,
teknologi dan seni. lnstitusi perguruan tinggi yang merupakan pelopor
dalam pencarian dan pengembangan pengetahuan, dan pada saat yang
terus menyebarkan pengetahuan dalam upaya membantu mewujudkan
masyarakat berbasis pengetahuan. lnstitusi tersebut mampu bertahan dan
menjadi makin berkualitas selama ratusan dan bahkan ribuan tahun, serta
memiliki kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup manusia
secara umum. Secara khusus institusi perguruan tinggi berkontribusi dalam
meningkatkan kompetensi dan daya saing sumber daya manusia nasional
serta mewujudkan keutuhan bangsa.
Sebagai institusi perguruan tinggi jarak jauh, UT telah menjadi pelopor
dalam pengembangan pengetahuan, teknologi dan seni melalui penerbitan
bahan ajar sebagai sumber belajar peserta didik. UT juga memberikan akses
dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan tinggi serta
menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat. Hal ini ditunjukkan melalui
jumlah peserta didik dan lulusan yang besar dan berasal dari berbagai
wilayah Indonesia. Pencarian, preservasi dan pembaruan pengetahuan terus
227