Page 232 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 232

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                              lembaga  eksternal  akredatasi  dan  sertifikasi  kualitas  bertaraf  internasional
                             maupun  nasional  untuk  melakukan  penilaian  kualitas.  Lembaga  akreditasi
                             dan  sertifikasi  yang  dimaksud  adalah  International  Council  for  Open  and
                              Distance  Education   (!COE)   Standards   Agency  (!SA),   International
                              Organisation  for  Standardisation  (ISO),  dan  Badan  Akreditasi  Nasional
                              Perguruan Tinggi  (BAN-PT).
                              Satu  hal  penting  dalam  proses  penilaian  kualitas  secara  internal  maupun
                              eksternal  ini  adalah  upaya  internal  untuk  membangun  sistem,  prosedur
                              serta  budaya  kerja  berkualitas  secara  berkelanjutan  di  semua  unit  di  UT
                              Pusat  dan  UPBJJ-UT.  Semua  pimpinan  dan  staf  dibangun  untuk  memiliki
                              kesadaran  akan  makna  dan  manfaat  budaya  kerja  berkualitas,  bertindak
                              melaksanakan  tu gas  sehari-hari  secara  berkual itas,  secara  konsisten
                              menerapkan  sistem  dan  prosedur,  serta  melakukan  upaya  perbaikan  secara
                              berkelanjutan.
                              Pengalaman  dan  prestasi  UT dalam  bidang penjaminan  kualitas  merupakan
                              upaya  penerapan  TQM  secara  konsisten,  dengan  melibatkan  semua
                              manajemen  dan  staf  serta  seluruh  mitra  UT.  Upaya  penjaminan  kualitas
                              menghendaki  pelibatan  dan  partisipasi  secara  aktif   pihak  pemangku
                              kepentingan  serta  mitra  UT,  termasuk  pengembang  kurikulum,  penulis
                              bahan  ajar  dan  soal  ujian,  tutor,  serta  unsur-unsur eksternal  yang  menjadi
                              bagian  dari  supra  sistem  UT,  seperti  pemerintah,  masyarakat,  pengguna
                              lulusan,  mahasiswa dan  alumni,  serta  media massa.  Perlu  upaya  keras  yang
                              terus  menerus  untuk  selalu  menyadarkan  dan  mengupayakan  agar  semua
                              warga  UT  memiliki  kesamaan  persepsi,  pikiran,  pandangan,  dan  tindakan
                              yang  diwujudkan dalam  pelaksanaan  tugas  sehari-hari,  dalam  memberikan
                              layanan,  melaksanakan  proses,  menghasilkan  produk  berkualitas  untuk
                              kepentingan pengguna jasa  UT, dan bersama-sama membangun citra UT.
                              Sistem  jaminan  kualitas  UT  dibangun  sebagai  suatu  upaya  sistematik  dan
                              menyeluruh  untuk meningkatkan  kinerja dan  kualitas  secara  berkelanjutan.
                              Sistem  tersebut  merupakan  suatu  mekanisme  internal  yang  menghendaki
                              adanya suatu  penilaian  kualitas  secara  internal  maupun eksternal  dilakukan
                              secara  teratur  dan  berkelanjutan.  Persyaratan  kualitas  yang  dikehendaki
                              harus  dipenuhi  baik  oleh  pihak  UT  secara  internal  maupun  pihak  mitra
                              eksternal  UT.  Semua  mitra  UT  dituntut  untuk  dapat  memenuhi  kualitas
                              yang  dipersyaratkan  dalam  penyediaan  layanan,  pelaksanaan  proses,  dan
                              pengadaan  produk  UT.  Audit  kualitas  dilaksanakan  secara  periodik,




                                                                                            223
   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236   237