Page 232 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 232
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
lembaga eksternal akredatasi dan sertifikasi kualitas bertaraf internasional
maupun nasional untuk melakukan penilaian kualitas. Lembaga akreditasi
dan sertifikasi yang dimaksud adalah International Council for Open and
Distance Education (!COE) Standards Agency (!SA), International
Organisation for Standardisation (ISO), dan Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Satu hal penting dalam proses penilaian kualitas secara internal maupun
eksternal ini adalah upaya internal untuk membangun sistem, prosedur
serta budaya kerja berkualitas secara berkelanjutan di semua unit di UT
Pusat dan UPBJJ-UT. Semua pimpinan dan staf dibangun untuk memiliki
kesadaran akan makna dan manfaat budaya kerja berkualitas, bertindak
melaksanakan tu gas sehari-hari secara berkual itas, secara konsisten
menerapkan sistem dan prosedur, serta melakukan upaya perbaikan secara
berkelanjutan.
Pengalaman dan prestasi UT dalam bidang penjaminan kualitas merupakan
upaya penerapan TQM secara konsisten, dengan melibatkan semua
manajemen dan staf serta seluruh mitra UT. Upaya penjaminan kualitas
menghendaki pelibatan dan partisipasi secara aktif pihak pemangku
kepentingan serta mitra UT, termasuk pengembang kurikulum, penulis
bahan ajar dan soal ujian, tutor, serta unsur-unsur eksternal yang menjadi
bagian dari supra sistem UT, seperti pemerintah, masyarakat, pengguna
lulusan, mahasiswa dan alumni, serta media massa. Perlu upaya keras yang
terus menerus untuk selalu menyadarkan dan mengupayakan agar semua
warga UT memiliki kesamaan persepsi, pikiran, pandangan, dan tindakan
yang diwujudkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, dalam memberikan
layanan, melaksanakan proses, menghasilkan produk berkualitas untuk
kepentingan pengguna jasa UT, dan bersama-sama membangun citra UT.
Sistem jaminan kualitas UT dibangun sebagai suatu upaya sistematik dan
menyeluruh untuk meningkatkan kinerja dan kualitas secara berkelanjutan.
Sistem tersebut merupakan suatu mekanisme internal yang menghendaki
adanya suatu penilaian kualitas secara internal maupun eksternal dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan. Persyaratan kualitas yang dikehendaki
harus dipenuhi baik oleh pihak UT secara internal maupun pihak mitra
eksternal UT. Semua mitra UT dituntut untuk dapat memenuhi kualitas
yang dipersyaratkan dalam penyediaan layanan, pelaksanaan proses, dan
pengadaan produk UT. Audit kualitas dilaksanakan secara periodik,
223

