Page 45 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 45

Cakrawala Pendidikan 3



          meningkatkan  kualitas  pendidikan  nasional  setidaknya  telah
          terakomodasi  dengan  baik,  karena  pemerintah,  dalam  hal  ini
          Presiden  Republik  Indonesia juga  telah  mengesahkannya  dalam
          sebuah  PP.  Tentu  saja  PP  ini  harus dijadikan  acuan  bagi  seluruh
          insan pendidikan di Indonesia.
                 Berkaitan  dengan  PP  tersebut,  melalui  makalah  ini
          penulis  bermaksud  menyoroti  dua  hal  yang  perlu  untuk
          diperhatikan,   yakni   yang  berkaitan  dengan   konsep  dan
          implikasinya  Oleh  karena  itu,  untuk  memenuhi  tujuan  tersebut,
          dalam  makalah  ini,  penulis  membagi  tulisan  ini  menjadi  dua  hal,
          yakni  (1)  Konsep  dan  lmplikasi  Standar  Nasional  Pendidikan
          terhadap  Substansi  Pendidikan  serta  (2)  Konsep  dan  lmplikasi
          Standar Nasional Pendidikan terhadap Manajemen Pendidikan.

          Konsep dan lmplikasi Standar Nasional Pendidikan
          terhadap Substansi Pendidikan
                 Standar  Nasional  Pendidikan  (SNP)  adalah  kriteria
          minimal  tentang  sistem  pendidikan  di  seluruh  wilayah  hukum
          Negara  Kestuan  Republik Indonesia.  SNP  ini  bertujuan  menjamin
          mutu   pendidikan   nasional   dalam   rangka   mencerdaskan
          kehidupan  bangsa  dan  membentuk  watak  serta  peradaban
          bangsa  yang  bermartabat.  Jika  dikaitkan  dengan  kondisi  bangsa
          Indonesia  yang  berangsur-angsur bangkit dari  krisis  multidimensi
          yang  menerpa  sejak  masa  98-an  yang  lalu,  tujuan  ini  sangatlah
          sesuai.  Beberapa  kritikan  dari  berbagai  pihak  yang  ditujukan
          kepada  para  insan  pendidikan,  misalnya  yang  menyoroti
          rendahnya  budi  pekerti  sebagian  peserta  didik  yang  berakibat
          pada  turunnya  penilaian  terhadap  kualitas  pendidikan  kita,
          berusaha  diperbaiki  pemerintah  dengan  disahkannya  PP  tentang
          SNP ini.
                 Untuk  mengaitkan  SNP  dengan substansi  pendidikan,
          penulis  akan  mengawali  pembahasan  makalah  ini  dengan
          menampilkan  hakikat  pendidikan  dalam  konteks  pembangunan
          nasional,  sebagaimana  diatur  dalam  bagian  penjelasan  SNP,
          yang  memiliki  beberapa  fungsi.  Setelah  fungsi-fungsi  tersebut
          dipenuhi,  perlu  dipahami  pula  visi  dan  misi  yang  dapat berfungsi
          sebagai  arah,  sebagai  navigasi,  dalam  mencapai  tujuan
          pendidikan nasional yang diinginkan.



                                                                   33
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50