Page 42 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 42
Standar Nasional Pendidikan:
Sebuah Paparan tentang Konsep
dan lmplikasi
~bicaraan tentang segala hal yang berkaitan
dengan permasalahan pendidikan di Indonesia selalu menyedot
perhatian masyarakat dan menjadi salah satu wacana yang sering
kali dijadikan komoditas politik bagi sebagian anggota parlemen
dan para birokrat pemerintahan. Penentuan anggaran pendidikan
minimal 20% dari APBN, misalnya, telah menjadi 'senjata' ampuh
untuk menghipnotis massa pada kampanye pemilihan presiden
dan wakil presiden beberapa waktu yang lalu. Bahkan, kalkulasi
angka 20% ini pun menjadi ajang partai politik tertentu yang
berseberangan dengan pemerintah untuk mengkritik kebijakan
dalam bidang pendidikan yang kemudian memang, dengan
berbagai alasan, pemerintah belum dapat memberikan porsi 20%
tersebut.
Dalam beberapa waktu terakhir wacana tentang RUU
Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 yang telah disahkan
menjadi UU Guru dan Dosen juga telah banyak menyita perhatian
di banyak media massa Munculnya UU Guru dan Dosen tersebut
setidaknya juga memberikan gambaran bahwa ada sesuatu yang
harus dibenahi dalam sistem pendidikan di Indonesia dalam
kaitannya dengan kesejahteraan dan pembinaan sumber daya
manusia (SDM), dalam hal ini guru dan dosen. Meskipun dalam
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, keberadaan mereka telah terakomodasi, munculnya
30