Page 42 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 42

Standar Nasional Pendidikan:

             Sebuah Paparan tentang Konsep

                                              dan  lmplikasi














                ~bicaraan tentang  segala  hal  yang  berkaitan
         dengan  permasalahan  pendidikan  di  Indonesia  selalu  menyedot
         perhatian masyarakat dan menjadi salah satu wacana yang sering
         kali  dijadikan  komoditas  politik  bagi  sebagian  anggota  parlemen
         dan  para  birokrat pemerintahan.  Penentuan  anggaran  pendidikan
         minimal 20% dari APBN,  misalnya,  telah  menjadi  'senjata'  ampuh
         untuk  menghipnotis  massa  pada  kampanye  pemilihan  presiden
         dan  wakil  presiden  beberapa  waktu  yang  lalu.  Bahkan,  kalkulasi
         angka  20%  ini  pun  menjadi  ajang  partai  politik  tertentu  yang
         berseberangan  dengan  pemerintah  untuk  mengkritik  kebijakan
         dalam  bidang  pendidikan  yang  kemudian  memang,  dengan
         berbagai  alasan,  pemerintah  belum  dapat memberikan  porsi  20%
         tersebut.
                 Dalam  beberapa  waktu  terakhir  wacana  tentang  RUU
         Guru  dan  Dosen  Nomor  14  Tahun  2005  yang  telah  disahkan
         menjadi UU  Guru dan  Dosen juga telah  banyak menyita perhatian
         di  banyak media  massa  Munculnya UU  Guru  dan  Dosen tersebut
         setidaknya juga  memberikan  gambaran  bahwa  ada  sesuatu  yang
         harus  dibenahi  dalam  sistem  pendidikan  di  Indonesia  dalam
         kaitannya  dengan  kesejahteraan  dan  pembinaan  sumber  daya
         manusia  (SDM),  dalam  hal  ini  guru  dan  dosen.  Meskipun  dalam
         UU  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem  Pendidikan
         Nasional,  keberadaan  mereka  telah  terakomodasi,  munculnya



         30
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47