Page 39 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 39
Cakrawala Pendidikan 3
global. Selain itu, diperlukan dukungan sarana dan prasaran
pendidikan yang bermutu dan tepat konteks yang sengaja
dirancang untuk menopang pelaksanaan kurikulum tersebut.
Untuk itu seyogyanya segera ada kebijakan nasional tentang
kerangka dasar dan struktur kurikulum yang bersifat nasional
sebagai landasar konseptual dan operasional pengembangan
silabus di tingkat daerah,
5. Pembelajaran memiliki misi psiko-pedagogis dan sosio-
pedagogis, karena itu pembelajatran seyogyanya
dilaksanakan dalam rangka pengembangan konsep, nilai-nilai
dan keterampilan yang berkenaan dengan: keberagamaan
dalam konteks beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa; moral sosial kebergamaan dalam konteks
berakhlak mulia; nilai ketahanan jasmani dan rohani dalam
konteks sehat; kebenaran dan kejujuran akademis dalam
konteks berilmu melekat; terampil dan cermat dalam konteks
cakap; kebaruan (novelty) dalam konteks kreatif; ketekunan
dan percaya diri dalam konteks mandiri; dan kebangsaan,
demokrasi dan patriotisme dalam konteks warga negara yang
demokratis dan bertanggungjawab". Untuk itu pembelajaran
seyogyanya dilakukan dengan cara mengorganisasikan
proses pembelajaran yang bukan saja harus berorientasi
pada substansi nilai itu tetapi juga proses pembelajarn itu
harus menjadi model situasi yang mencerminkan suasana
dan iklim belajar yang sarat dengan semua nilai tersebut.
6. Secara akademik seorang pendidik harus merupakan lulusan
dari perguruan tinggi terakreditasi baik perguruan tinggi
kependidikan maupun non-kependidikan. Sedangkan sertifikat
pendidik harus diperoleh dari perguruan tinggi yang memiliki
program pengadaan tenaga kependidikan atau LPTK
(Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan).
27