Page 219 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 219

203
                                                                    Bagian III : Etika dan Hukum


                                      Prinsip  saling  menguntungkan  menanamkan  kesadaran  bahwa  dalam
                                      berbisnis  perlu  ditanamkan  prinsip  win‐win  solution,  artinya  dalam
                                      setiap keputusan dan tindakan  bisnis  harus  diusahakan  agar  semua
                                      pihak merasa diuntungkan.
                                   e.  Prinsip Integritas Moral

                                      Prinsip integritas moral adalah prinsip untuk tidak merugikan orang lain
                                      dalam  segala  keputusan  dan  tindakan  bisnis  yang  diambil.  Prinsip  ini
                                      dilandasi  oleh  kesadaran  bahwa  setiap  orang  harus  dihormati  harkat
                                      dan martabatnya.

                                      Menurut  Adiwarman  Karim,  Presiden  Direktur  Karim  Business
                                   Consulting  ada  nilai  –  nilai  etika  bisnis yang  seharusnya  tidak boleh
                                   dilanggar, yaitu :
                                   a.  Kejujuran
                                      Banyak  orang  beranggapan  bisnis  merupakan  kegiatan  tipu‐menipu
                                      demi  mendapat  keuntungan.  Ini  jelas  keliru.  Sesungguhnya  kejujuran
                                      merupakan salah satu kunci keberhasilan berbisnis. Bahkan, termasuk
                                      unsur penting untuk bertahan di tengah persaingan bisnis.
                                   b.  Keadilan
                                      Perlakukan setiap orang sesuai haknya. Misalnya, berikan upah kepada
                                      karyawan  sesuai  standar  serta  jangan  pelit  memberi  bonus  saat
                                      perusahaan  mendapatkan  keuntungan  lebih.  Terapkan  juga  keadilan
                                      saat menentukan harga, misalnya dengan tidak mengambil untung yang
                                      merugikan konsumen.
                                   c.  Rendah Hati
                                      Jangan  lakukan  bisnis  dengan  kesombongan.  Misalnya,  dalam
                                      mempromosikan  produk  dengan  cara  berlebihan,  apalagi  sampai
                                      menjatuhkan produk bersaing, entah melalui gambar maupun tulisan.
                                      Pada  akhirnya,  konsumen  memiliki  kemampuan  untuk  melakukan
                                      penilaian  atas  kredibilitas  sebuah  poduk/jasa.  Apalagi,  tidak  sedikit
                                      masyarakat yang percaya bahwa sesuatu yang terlihat atau terdengar
                                      terlalu sempurna, pada kenyataannya justru sering kali terbukti buruk.
                                   d.  Simpatik
                                      Kelola  emosi.  Tampilkan  wajah  ramah  dan  simpatik.  Bukan  hanya  di
                                      depan klien atau konsumen anda, tetapi juga di hadapan orang‐orang
                                      yang mendukung bisnis anda, seperti karyawan, sekretaris dan lain‐lain.
                                   e.  Kecerdasan
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224