Page 147 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 147

131
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                      Pengujian  hipotesis  satu  diterima  karena  pada  hasil  analisis  diperoleh
                                   nilai  thitung    5.6835  lebih  besar  dibanding  ttabel  =  1.96.  Hal  ini
                                   menunjukkan  brandawareness  berpengaruh  positif  secara  signifikan
                                   terhadap efektivitas penayangan iklan. Meskipun hasil penayangan iklan UT
                                   belum diikuti secara signifikan oleh penambahan jumlah mahasiswa, namun
                                   diharapkan  dengan  penayangan  secara  terus  menerus  masyarakat  akan
                                   mengingat satu brand perguruan tinggi yaitu Universitas Terbuka.

                                   Hipotesis 2: Pesan iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
                                             brandawareness
                                      Hasil analisis data menunjukkan pesan iklan berpengaruh secara positif
                                   terhadap  brandawareness,  dimana  nilai  koefisien  parameter  bernilai
                                   19.2876.    Hal  ini  berarti  semakin  baik  atau  jelas  pesan  iklan  disampaikan
                                   maka semakin terjaga brandawarenss iklan tersebut.
                                      Pengujian  hipotesis  satu  diterima  karena  pada  hasil  analisis  diperoleh
                                   nilai  thitung  19.2876  lebih  besar  dibanding  ttabel  =  1.96.  Hal  ini
                                   menunjukkan  pesan  iklan  berpengaruh  positif  secara  signifikan  terhadap
                                   brandawareness.

                                   Hipotesis  3:  Pesan  Iklan  Berpengaruh  Secara  Positif  Dan  Signifikan
                                             Terhadap Efektivitas Penayangan Iklan
                                      Hasil  studi  menunjukkan  pesan  iklan  berpengaruh  secara  positif
                                   terhadap  efektivitas  penayangan  iklan.  Nilai  koefisien  parameter  untuk
                                   penelitian  sebesar  3.5017.    Hal  ini  berarti  semakin  baik/jelas  pesan  iklan
                                   yang disampaikan maka semakin efektif iklan tersebut ditayangankan.
                                      Pengujian  hipotesis  diterima  karena  pada  hasil  analisis  diperoleh  nilai
                                   thitung  3.5017  lebih  besar  dibanding  ttabel  =  1.96.  Hal  ini  menunjukkan
                                   pesan  iklan  berpengaruh  positif  secara  signifikan  terhadap  efektivitas
                                   penayangan iklan.

                                   Kesimpulan
                                   Berdasarkan  pemaparan  pada  bab  sebelumnya  hasil  penelitian  ini  dapat
                                   disimpulkan sebagai berikut.
                                   1.  Brand  awareness  berpengaruh  secara  positif  dan  signifikan  terhadap
                                      efektivitas  penayangan  iklan.  Hipotesis  ini  diterima  yang  berarti
                                      semakin  sering  iklan  disampaikan  maka  penayangan  iklan  di  bandara
                                      Soeta semakin efektif.
   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152