Page 147 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 147
131
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
Pengujian hipotesis satu diterima karena pada hasil analisis diperoleh
nilai thitung 5.6835 lebih besar dibanding ttabel = 1.96. Hal ini
menunjukkan brandawareness berpengaruh positif secara signifikan
terhadap efektivitas penayangan iklan. Meskipun hasil penayangan iklan UT
belum diikuti secara signifikan oleh penambahan jumlah mahasiswa, namun
diharapkan dengan penayangan secara terus menerus masyarakat akan
mengingat satu brand perguruan tinggi yaitu Universitas Terbuka.
Hipotesis 2: Pesan iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
brandawareness
Hasil analisis data menunjukkan pesan iklan berpengaruh secara positif
terhadap brandawareness, dimana nilai koefisien parameter bernilai
19.2876. Hal ini berarti semakin baik atau jelas pesan iklan disampaikan
maka semakin terjaga brandawarenss iklan tersebut.
Pengujian hipotesis satu diterima karena pada hasil analisis diperoleh
nilai thitung 19.2876 lebih besar dibanding ttabel = 1.96. Hal ini
menunjukkan pesan iklan berpengaruh positif secara signifikan terhadap
brandawareness.
Hipotesis 3: Pesan Iklan Berpengaruh Secara Positif Dan Signifikan
Terhadap Efektivitas Penayangan Iklan
Hasil studi menunjukkan pesan iklan berpengaruh secara positif
terhadap efektivitas penayangan iklan. Nilai koefisien parameter untuk
penelitian sebesar 3.5017. Hal ini berarti semakin baik/jelas pesan iklan
yang disampaikan maka semakin efektif iklan tersebut ditayangankan.
Pengujian hipotesis diterima karena pada hasil analisis diperoleh nilai
thitung 3.5017 lebih besar dibanding ttabel = 1.96. Hal ini menunjukkan
pesan iklan berpengaruh positif secara signifikan terhadap efektivitas
penayangan iklan.
Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan pada bab sebelumnya hasil penelitian ini dapat
disimpulkan sebagai berikut.
1. Brand awareness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
efektivitas penayangan iklan. Hipotesis ini diterima yang berarti
semakin sering iklan disampaikan maka penayangan iklan di bandara
Soeta semakin efektif.