Page 142 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 142

126
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital





                              Gambar 6. Model Pengaruh Pesan Iklan Dan Brandawareness Terhadap
                                        Efektifitas Penayangan Iklan Di TV Bandara Soeta (sumber:
                                              hasil data primer yang diolah smartPLS, 2015)

                           Gambar 6 menunjukkan  bentuk hubungan variabel laten dengan indikator
                           yaitu hubungan reflektif. Variabel pesan iklan direfleksikan oleh iklan sangat
                           menarik,  iklan  mampu  menarik  minat,  iklan  mampu  membangkitkan
                           keinginan  untuk  lebih  mengetahui  institusi,  iklan  dapat  mempengaruhi
                           keputusan  memilih  perguruan  tinggi,  dan  iklan  dapat  mempengaruhi
                           tindakan  untuk  menentukan  perguruan  tinggi  yang  akan  dipilih.    Variabel
                           brandawareness  direfleksikan  oleh  pesan  yang  disampaikan  tidak  asing,
                           pesan  mampu  memperkenalkan  mengenai  keberadaan  UT,  pesan  mampu
                           membuat selalu ingat tentang UT, pesan yang disampaikan membuat ingin
                           mengetahui tentang keunggulan PJJ, dan pesan yang disampaikan membuat
                           ingin mengetahui UT sebagai pilihan utama dalam memilih perguruan tinggi.
                           Selanjutnya variable efektivitas penayangan iklan direfleksikan oleh setelah
                           menyaksikan iklan menjadi kenal tentang PTJJ, setelah melihat iklan, merasa
                           iklan pantas untuk diingat, setelah melihat iklan, dapat memahami dengan
                           jelas  isi  pesan  yang  disampaikan,  setelah  menyaksikan  iklan,  memahami
                           keunggulan‐keunggulan   UT,   setelah   menyaksikan   iklan,   memiliki
                           kepercayaan terhadap PTJJ, setelah menyaksikan iklan, memiliki kesan PTJJ
   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147