Page 142 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 142
126
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
Gambar 6. Model Pengaruh Pesan Iklan Dan Brandawareness Terhadap
Efektifitas Penayangan Iklan Di TV Bandara Soeta (sumber:
hasil data primer yang diolah smartPLS, 2015)
Gambar 6 menunjukkan bentuk hubungan variabel laten dengan indikator
yaitu hubungan reflektif. Variabel pesan iklan direfleksikan oleh iklan sangat
menarik, iklan mampu menarik minat, iklan mampu membangkitkan
keinginan untuk lebih mengetahui institusi, iklan dapat mempengaruhi
keputusan memilih perguruan tinggi, dan iklan dapat mempengaruhi
tindakan untuk menentukan perguruan tinggi yang akan dipilih. Variabel
brandawareness direfleksikan oleh pesan yang disampaikan tidak asing,
pesan mampu memperkenalkan mengenai keberadaan UT, pesan mampu
membuat selalu ingat tentang UT, pesan yang disampaikan membuat ingin
mengetahui tentang keunggulan PJJ, dan pesan yang disampaikan membuat
ingin mengetahui UT sebagai pilihan utama dalam memilih perguruan tinggi.
Selanjutnya variable efektivitas penayangan iklan direfleksikan oleh setelah
menyaksikan iklan menjadi kenal tentang PTJJ, setelah melihat iklan, merasa
iklan pantas untuk diingat, setelah melihat iklan, dapat memahami dengan
jelas isi pesan yang disampaikan, setelah menyaksikan iklan, memahami
keunggulan‐keunggulan UT, setelah menyaksikan iklan, memiliki
kepercayaan terhadap PTJJ, setelah menyaksikan iklan, memiliki kesan PTJJ