Page 143 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 143
127
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
baik dan dapat dipercaya, dan setelah menyaksikan iklan, terdorong untuk
menyebarluaskan informasi tentang UT.
Evaluasi Outer Model–Reflektif pada Variabel Pesan Iklan dan
BrandAwareness terhadap Efektivitas Penayangan Iklan
dilakukan berdasarkan 4 (empat) kriteria,yaitu convergent validity,
discriminant validity, Average Variance Extracted (AVE) dan composite
reliability.
Menurut Ghozaly (2008) bahwa untuk evaluasi outer model‐refleksi
Tabel 2. Kriteria dan Standarisasi dalam Evaluasi Outer Model – Refleksi
Sumber: Ghazali, 2005
Convergent Validity (Reliabilitas Indikator)
Reliabilitas indikator dicerminkan dari nilai loading faktor yang
merefleksikan kekuatan interelasi antara variabel laten pesan iklan,
brandawareness dan efektivitas penayangan iklan terhadap masing‐masing
variabel indikatornya. Pada Gambar 5 menunjukkan pesan iklan yang
disampaikan (PT3) merefleksikan interelasi terbesar dalam menggambarkan
pesan iklan dengan nilai loading factor sebesar 0.940. Pesan yang
disampaikan mampu memperkenalkan tentang keberadaan UT
merefleksikan interelasi terbesar dalam menggambarkan brandawareness
dengan nilai loading factor sebesar 0.915. Sementara efektivitas
penayangan iklan digambarkan dengan memiliki kepercayaan terhadap