Page 143 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 143

127
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                   baik dan dapat dipercaya, dan setelah menyaksikan iklan, terdorong untuk
                                   menyebarluaskan informasi tentang UT.

                                   Evaluasi Outer Model–Reflektif pada  Variabel Pesan Iklan dan
                                   BrandAwareness terhadap Efektivitas Penayangan Iklan
                                   dilakukan  berdasarkan  4  (empat)  kriteria,yaitu  convergent  validity,
                                   discriminant  validity,  Average  Variance  Extracted  (AVE)  dan composite
                                   reliability.
                                          Menurut  Ghozaly  (2008)  bahwa  untuk  evaluasi  outer  model‐refleksi
                                     Tabel 2. Kriteria dan Standarisasi dalam Evaluasi Outer Model – Refleksi








                                       Sumber: Ghazali, 2005

                                   Convergent Validity (Reliabilitas Indikator)
                                      Reliabilitas  indikator  dicerminkan  dari  nilai  loading  faktor  yang
                                   merefleksikan  kekuatan  interelasi  antara  variabel  laten  pesan  iklan,
                                   brandawareness dan efektivitas penayangan iklan terhadap masing‐masing
                                   variabel  indikatornya.  Pada  Gambar  5  menunjukkan  pesan  iklan  yang
                                   disampaikan (PT3) merefleksikan interelasi terbesar dalam menggambarkan
                                   pesan  iklan    dengan  nilai  loading  factor  sebesar  0.940.  Pesan  yang
                                   disampaikan   mampu   memperkenalkan   tentang   keberadaan   UT
                                   merefleksikan  interelasi  terbesar  dalam  menggambarkan  brandawareness
                                   dengan  nilai  loading  factor  sebesar 0.915. Sementara efektivitas
                                   penayangan  iklan  digambarkan  dengan  memiliki  kepercayaan  terhadap
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148