Page 145 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 145
129
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
brandawareness dan efektivitas penayanangan iklan pada penelitian ini
valid.
Average Variance Extracted (AVE)
Validitas menunjukkan bahwa suatu pengujian benar‐benar konsisten
mengukur apa yang seharusnya diukur, dalam hal ini bagaimana indikator‐
indikator (baik pesan iklan, brandawareness, dan efektivitas penayangan
iklan) konsisten mengukur variabel latennya masing‐masing. Hal ini dapat
digambarkan oleh besaran nilai Average Variance Extracted (AVE). Dilihat
dari nilai AVE untuk masing‐masing variabel konsisten menggambarkan
variabel latennya. Hal ini dibuktikan dengan nilai AVE untuk ketiga variabel
berada di atas 0.5.
Tabel 4. Nilai AVE pesan iklan, brandawareness, dan efektivitas penayangan
iklan
No Variabel Nilai AVE
1 Pesan iklan 0.7616
2 Brandawareness 0.7643
3 Efektivitas penayangan iklan 0.8680
Sumber: Hasil data primer yang diolah SmartPLS, 2015)
Composite Reliability
Nilai composite reliability dapat dilihat pada nilai outer model loading
masing‐masing variabel laten. Reliabilitas komposit, untuk masing‐masing
variabel memiliki nilai ρc > 0,6. Nilai yang dihasilkan menunjukkan
kestabilan dan konsistensi internal indikator yang baik.