Page 144 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 144
institusi pendidikan jarak jauh (PJJ) dengan nilai loading factor sebesar
0.896. Tabel 3 menyajikan nilai loading factor untuk setiap variabel, yaitu
pesan iklan, brand awareness, dan efektivitas penayanga iklan.
Tabel 3. Nilai Loading Factor pada Variabel Pesan Iklan, Brand awareness,
dan Efektivitas Penayangan Iklan
Efektivitas
Brandawareness
Pesan Iklan
0.935
IM1
MM2
0.926
PT3 Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital 128
0.940
MK4 0.930
MT5 0.926
PTA1 0.899
MP2 0.887
M Target3 0.915
Keunggulan4 0.837
PU5 0.829
Kenal1 0.874
PI2 0.870
M Isi3 0.886
P Keunggulan4 0.846
Percaya5 0.896
Kesan6 0.881
Sebar Info7 0.865
Sumber : hasil data primer yang diolah SmartPLS, 2014
Discriminant Validity
Gambar 6 menunjukkan nilai korelasi variabel pesan iklan,
brandawareness, dan efektivitas penayangan iklan dengan masing‐masing
indikatornya. Jika indikator‐indikator pesan iklan memang menggambarkan
refleksi dari pesan iklan, maka nilai korelasi indikator‐indikator ini terhadap
karakteristik individu haruslah lebih besar dibandingkan korelasi indikator‐
indikator tersebut terhadap variabel laten lainnya. Begitu pun untuk variabel
dan indikator brandawareness dan efektivitas penayangan iklan. Hal
tersebut membuktikan model reflektif untuk variabel pesan iklan,