Page 144 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 144

institusi  pendidikan  jarak  jauh  (PJJ)  dengan  nilai  loading  factor  sebesar
                           0.896. Tabel 3 menyajikan nilai loading factor untuk setiap variabel, yaitu
                           pesan iklan, brand awareness, dan efektivitas penayanga iklan.
                             Tabel 3. Nilai Loading Factor pada Variabel Pesan Iklan, Brand awareness,
                                             dan Efektivitas Penayangan Iklan

                                                                              Efektivitas
                                                            Brandawareness
                                                Pesan Iklan

                                                  0.935
                           IM1
                           MM2
                                                  0.926
                           PT3      Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital   128
                                                  0.940
                           MK4                    0.930
                           MT5                    0.926
                           PTA1                                  0.899
                           MP2                                   0.887
                           M Target3                             0.915
                            Keunggulan4                          0.837
                           PU5                                   0.829
                           Kenal1                                               0.874
                           PI2                                                  0.870
                           M Isi3                                               0.886
                           P Keunggulan4                                        0.846
                           Percaya5                                             0.896
                           Kesan6                                               0.881
                           Sebar Info7                                          0.865

                               Sumber : hasil data primer yang diolah SmartPLS, 2014

                           Discriminant Validity
                               Gambar  6  menunjukkan  nilai  korelasi  variabel  pesan  iklan,
                           brandawareness,  dan  efektivitas  penayangan  iklan  dengan  masing‐masing
                           indikatornya. Jika indikator‐indikator pesan iklan   memang menggambarkan
                           refleksi dari pesan iklan, maka nilai korelasi indikator‐indikator ini terhadap
                           karakteristik individu haruslah lebih besar dibandingkan korelasi indikator‐
                           indikator tersebut terhadap variabel laten lainnya. Begitu pun untuk variabel
                           dan  indikator  brandawareness  dan  efektivitas  penayangan  iklan.    Hal
                           tersebut  membuktikan  model  reflektif  untuk  variabel  pesan  iklan,
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149