Page 138 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 138
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
d. Setelah menyaksikan iklan,
memahami keunggulan‐
keunggulan UT (P
Keunggulan4)
e. Setelah menyaksikan iklan,
memiliki kepercayaan
terhadap PTJJ (Percaya5)
f. Setelah menyaksikan iklan,
memiliki kesan PTJJ baik dan
dapat dipercaya (Kesan6)
g. Setelah menyaksikan iklan, 122
terdorong untuk
menyebarluaskan informasi
tentang UT (Sebar Info7)
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Uji Validitas
Pengujian terhadap kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan uji
reliabilitas. Pengujian dilakukan terhadap 30 orang responden calon
penumpang pesawat domestik yang ada di Bandara Soekarno‐Hatta. Uji
validitas bertujuan untuk menilai kemampuan suatu instrumen (kuesioner)
dapat mengukur apa yang ingin diukur. Suatu instrumen dikatakan valid
apabila instrumen tersebut mampu mengukur apa yang diinginkan dan
dapat memperoleh data serta variabel yang diteliti secara tepat.
Hasil uji validitas pada seluruh pernyataan adalah lebih kecil dari 0.05
dengan sampel yang diuji cobakan sebanyak 30. Hal ini menunjukkan bahwa
semua pertanyaan adalah signifikan dan dapat dinyatakan valid. Berarti
responden mengerti masud dari setiap pertanyaan yang diajukan peneliti
dalam kuisioner.
Uji Realibilitas
Reliabilitas adalah suatu uji yang digunakan untuk mengetahui apakah
kuesioner memberikan ukuran yang konstan atau tidak. Uji realibilitas
dilakukan dengan teknik α cronbach. Dalam teknik ini instrument diuji
cobakan pada sekelompok responden dan dilakukan dengan bantuan
software SPSS versi 22.00 for windows.