Page 133 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 133

117
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                      Sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti.  Ukuran
                                   mengestimasi  kesalahan  sampling.  Penentuan  jumlah  sampel  minimum
                                   untuk Structual Equation Modelling(SEM) menurut Hair, dkk (1998) adalah
                                   tergantung jumlah indicator dikalikan lima. Selanjutnya menurut Ferdinand
                                   (2006), jumlah sampel yang representatif tergantung pada jumlah indikator
                                   dikalikan  5  hingga  10.    Dengan  demikian,  sampel  yang  digunakan  dalam
                                   penelitian  ini  berjumlah  170  responden  dan  proses  penarikan  sampel
                                   dilakukan  dengan  menggunakan  metode  penarikan  secara  acak  (Random
                                   Sampling).
                                     sampel  sebagaimana  dalam  metode  statistik  menghasilkan  dasar  untuk
                                   Metode Pengumpulan Data
                                      Penelitian   yang   dilakukan   menggunakan   beberapa   metode
                                   pengumpulan data, yaitu pengamatan langsung, kuisioner yang telah diuji
                                   validitas  dan  reliabilitasnya,  wawancara  dan  studi  pustaka.  Pengamatan
                                   langsung dilakukan dengan melihat langsung di lapangan yaitu di Bandara
                                   Soetta.
                                      Kuesioner    akan  diberikan  kepada  para  calon  penumpang  angkutan
                                   udara yang berada di terminal‐terminal dimana terdapat TV bandara. Untuk
                                   menghindari  terjadinya  kesalahan  dalam  mengisian  kuesioner  maka
                                   distribusi kuesioner dilakukan kepada 200 responden.
                                      Peubah‐peubah  yang  diukur  dalam  penelitian  ini  terdiri  dari  satu
                                   peubah  laten  eksogen  dan  satu  peubah  laten  endogen.  Peubah  laten
                                   eksogen  tersebut  adalah  brand  awareness,  sedangkan  peubah  laten
                                   endogen adalah efektivitas iklan.
                                      Jenis  skala  pengukuran  yang  digunakan  baik  variabel  eksogen  dan
                                   variabel endogen adalah skala ordinal. Skala pengukuran instrument berupa
                                   kuesioner  menggunakan  skala  Likert,  yaitu  pertanyaan  tertutup  yang
                                   mengukur  sikap  dari  keadaan  yang  negatif  ke  jenjang  yang  positif.
                                   Digunakan untuk mendapatkan data tentang dimensi‐dimensi dari variabel‐
                                   variabel  yang  dianalisis  dalam  penelitian  ini,  dengan  5  alternatif  nomor
                                   untuk mengukur sikap responden. Pertanyaan‐pertanyaan dalam bagian ini
                                   dibuat  dengan  menggunakan  skala  1‐5  untuk  mendapatkan  data  yang
                                   bersifat interval dan diberi skor atau nilai seperti pada halaman berikut:


                                     1            2             3             4             5
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138