Page 129 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 129
113
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
recall hanya membutuhkan pengulangan/ penyebutan ulang untuk
mengingat merek produk.
telah mendominasi benak para konsumen, sehingga dalam level ini
mereka tidak membutuhkan pengingat apapun untuk bisa mengenali
merek produk tertentu.
Ada 4 indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh
aware
terhadap
lain:
konsumen
antara
sebuah
brand
(http://dhanyramadha.wordpress.com/2012/10/14/brand‐equity‐brand‐
4. Top of mind (puncak), adalah tingkatan tertinggi dimana merek tertentu
awareness‐perceived‐quality‐dan‐brand‐loyalty)
a. Recall yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengingat ketika ditanya
merek apa saja yang diingat.
b. Recognition yaitu seberapa jauh konsumen dapat mengenali merek
tersebut termasuk dalam kategori tertentu.
c. Purchase yaitu seberapa jauh konsumen akan memasukkan suatu
merek ke dalam alternatif pilihan ketika akan membeli produk/layanan.
d. Consumption yaitu seberapa jauh konsumen masih mengingat suatu
merek ketika sedang menggunakan produk/layanan pesaing.
Mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu
merek dapat ditingkatkanmelalui berbagai upaya berikut:
(http://boentialoe.blogspot.com/2013/09/pengertian-kesadaran-
merek-brand.html)
a. Suatu merek harus dapat menyampaikan pesan yang mudah diingat
oleh konsumen.
b. Pesan yang disampaikan harus berbeda dibandingkan merek lainnya.
Selain itu, pesan yang disampaikan harus memiliki hubungan dengan
merek dan kategori produknya.
c. Perusahaan disarankan memakai jingle lagu dan slogan yang menarik
agar merek lebih mudah diingat oleh konsumen.
d. Simbol yang digunakan perusahaan sebaiknya memiliki hubungan
dengan mereknya.
e. Perusahaan dapat menggunakan merek untuk melakukan perluasan
produk, sehingga merek tersebut akan semakin diingat oleh konsumen.
f. Perusahaan dapat memperkuat kesadaran merek melalui suatu isyarat
yang sesuai dengan kategori produk, merek, atau keduanya.