Page 129 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 129

113
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                      recall  hanya  membutuhkan  pengulangan/  penyebutan  ulang  untuk
                                      mengingat merek produk.
                                      telah  mendominasi  benak  para  konsumen,  sehingga  dalam  level  ini
                                      mereka  tidak  membutuhkan  pengingat  apapun  untuk  bisa  mengenali
                                      merek produk tertentu.

                                      Ada 4 indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh
                                               aware
                                                       terhadap
                                                                                             lain:
                                   konsumen
                                                                                     antara
                                                                   sebuah
                                                                            brand
                                   (http://dhanyramadha.wordpress.com/2012/10/14/brand‐equity‐brand‐
                                     4.  Top of mind (puncak), adalah tingkatan tertinggi dimana merek tertentu
                                          awareness‐perceived‐quality‐dan‐brand‐loyalty)
                                   a.  Recall  yaitu  seberapa  jauh  konsumen  dapat  mengingat ketika  ditanya
                                      merek apa saja yang diingat.
                                   b.  Recognition  yaitu  seberapa  jauh  konsumen  dapat  mengenali  merek
                                      tersebut termasuk dalam kategori tertentu.
                                   c.  Purchase  yaitu  seberapa  jauh  konsumen  akan  memasukkan  suatu
                                      merek ke dalam alternatif pilihan ketika akan membeli produk/layanan.
                                   d.  Consumption  yaitu  seberapa  jauh  konsumen  masih  mengingat  suatu
                                      merek ketika sedang menggunakan produk/layanan pesaing.

                                      Mengungkapkan  bahwa  tingkat  kesadaran  konsumen  terhadap  suatu
                                   merek dapat ditingkatkanmelalui berbagai upaya berikut:
                                      (http://boentialoe.blogspot.com/2013/09/pengertian-kesadaran-
                                      merek-brand.html)
                                   a.  Suatu  merek  harus  dapat  menyampaikan  pesan  yang  mudah  diingat
                                      oleh konsumen.
                                   b.  Pesan  yang  disampaikan  harus  berbeda  dibandingkan  merek  lainnya.
                                      Selain  itu,  pesan  yang  disampaikan  harus  memiliki  hubungan  dengan
                                      merek dan kategori produknya.
                                   c.  Perusahaan  disarankan  memakai  jingle  lagu  dan  slogan  yang  menarik
                                      agar merek lebih mudah diingat oleh konsumen.
                                   d.  Simbol  yang  digunakan  perusahaan  sebaiknya  memiliki  hubungan
                                      dengan mereknya.
                                   e.  Perusahaan  dapat  menggunakan  merek  untuk  melakukan  perluasan
                                      produk, sehingga merek tersebut akan semakin diingat oleh konsumen.
                                   f.   Perusahaan dapat memperkuat kesadaran merek melalui suatu isyarat
                                      yang sesuai dengan kategori produk, merek, atau keduanya.
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134