Page 127 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 127
111
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
Periklanan dikenal sebagai pelaksana beragam fungsi komunikasi yang
penting bagi perusahaan bisnis dan organisasi lainnya. Fungsi‐fungsi
komunikasi tersebut adalah (Intan, 2009 dan Ridwan, 2012):
a. Memberi informasi (informing), yakni membuat konsumen sadar akan
merek‐merek baru, mendidik konsumen tentang berbagai fitur dan
manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
Dengan iklan maka akan mempercepat berubahnya suatu kondisi dari
keadaan yang semula tidak bisa mengambil keputuan terhadap produk
menjadi dapat mengambil keputusan.
b. Membujuk (persuading). Hal ini akan membangkitkan keinginan dari
khalayak sesuai pesan yang diiklankan. Sehingga iklan yang efektif akan
mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang
diiklankan.
c. Mengingatkan (reminding), dimana iklan berfungsi untuk menjaga agar
merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Hal ini
berarti iklan mampu meneguhkan keputusan yang telah diambil oleh
khalayak.
d. Memberi nilai tambah (adding value), dimana akan memberi nilai
tambah pada konsumen dengan mempengaruhi persepsi konsumen.
Maka secara umum, perusahaan mengiklankan produknya dengan
tujuan untuk (Durianto dalam Ridwan, 2012):
a. Menciptakan kesadaran pada suatu merek dibenak konsumen (create
awareness). Dengan brand awareness yang tinggi maka diharapkan
akan mudah untuk mendapatkan pangsa pasar yang tinggi pula.
b. Mengkomunikasikan informasi kepada konsumen mengenai atribut dan
manfaat suatu produk.
c. Mengembangkan atau mengubah citra atau personalitas sebuah merek.
Karena suatu merek terkadang mengalami dilusi sehingga perlu
diperbaiki citranya.
d. Mengasosiasikan suatu merek dengan perasaan serta emosi. Tujuannya
agar ada hubungan emosi antara konsumen dengan merek tersebut.
e. Menciptakan norma‐norma kelompok.
f. Mengendapkan perilaku, dimaka perilaku konsumen dapat dibentuk
melalui iklan.
g. Mengarahkan konsumen untuk membeli produknya dan
mempertahankan market power perusahaan.