Page 128 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 128
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
h. Menarik calon konsumen menjadi konsumen yang loyal dalam jangka
waktu tertentu.
i.
Mengembangkan sikap positif calon konsumen yang diharapkan dapat
menjadi pembeli potensial di masa yang akan datang.
Untuk melakukan pendekatan kepada konsumen dan agar pesan mudah
diterima, maka perlu digunakan daya tarik (appeals). Daya tarik yang
digunakan dalam pesan iklan harus memiliki 3 karakteristik, yaitu (Intan,
2009):
a. Meaningful, yaitu menunjukkan manfaat yang membuat konsumen
lebih menyukai atau lebih tertarik pada produk yang diiklankan. 112
b. Distinctive, yaitu memiliki daya tarik yang khas/berbeda dimana iklan
harus menyatakan apa yang membuat produk mereka lebih baik dari
produk‐produk pesaing.
Believable, yakni dapat dipercaya atau tidak ada keraguan konsumen
atass produk yang ditawarkan.
Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Brand Awareness dapat didefinisikan sebagai kemampuan pembeli
potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa sebuah merk merupakan
anggota dari kategori produk tertentu. Dalam hal ini tentunya bisa meliputi
nama, gambar/ logo, serta slogan tertentuyang digunakan para pelaku pasar
untuk mempromosikan produk‐produknya
(ajapresentasi.com/2009/04/brand‐awareness‐dan‐top‐of‐mind).
Menurut Aaker, brand awareness sendiri didefinisikan menjadi 4
tingkatan, yakni sebagai berikut:(http://bisnisukm.com/brand‐
awareness.html)
1. Unaware of brand (tidak menyadari merek)
Merupakan tingkat yang paling rendah dalam piramida kesadaran
merek, dimana konsumen tidak menyadari akan adanya suatu merek.
2. Brand recognition (pengenalan), merupakan tingkatan yang paling
rendah, dimana para konsumen baru mengenal sebuah merek dan
masih membutuhkan alat bantu untuk bisa mengingat merek tersebut.
3. Brand recall (mengingatkan kembali), kesadaran merek langsung
muncul di benak para konsumen setelah merek tertentu disebutkan.
Berbeda dengan recognition yang membutuhkan alat bantu, brand