Page 124 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 124

108
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                           memberi  dukungan  pada  peningkatan  kualitas  sivitas  akademikanya baik
                           mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga administrasi dan dalam jangka panjang
                           dapat  memantapkan  posisi  strategis  perguruan  tinggi  itu  sendiri.  (Djalal
                           Fuadi, 2012). Dalam perkembangannya, penyelenggaraan pendidikan tinggi
                           melalui  UT  dengan  sistem  pendidikan  jarak  jauh  ini  mendapat  sambutan
                           yang  cukup  hangat  dari  kalangan  masyarakat  dari  berbagai  tingkatan  dan
                           latar  belakang  (Ratnawati,  2004).  Hal  ini  dibuktikan  dengan  jumlah
                           mahasiswa  UT  per  4  Desember  2014  yang  sudah  mencapai  426.503
                                                                                     besar
                                                                           Sebagian
                           (http://www.ut.ac.id/tentang‐ut/ut‐dalam‐angka.html).
                           mahasiswa  UT  adalah  mahasiswa  program  Pendidikan  Dasar  (Pendas).
                           Adanya Undang‐Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Sertifikasi Guru dan
                           Dosen  yang  mensyaratkan  guru  berijazah  Sarjana  atau  Diploma  IV  sangat
                           berpengaruh  terhadap  jumlah  mahasiswa  Pendas  di  UT  yang  mencapai
                           72,32%. Sementara jumlah mahasiswa non Pendas hanya sebanyak  27,68%,
                           yang  didominasi  oleh  mahasiswa  dari  FISIP  dan  diikuti  oleh  FEKON  dan
                           FMIPA      (http://www.jpnn.com/read/2013/07/26/183682/2015‐Belum‐
                           Sarjana,‐Guru‐Dijadikan‐Tenaga‐Administrasi‐).
                               Di  tengah‐tengah  persaingan  yang  terjadi  saat  ini,  UT  tetap  harus
                           mengantisipasi  terjadinya  penurunan  mahasiswa  yang  diakibatkan  oleh
                           persaingan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan promosi dan
                           kegiatan  periklanan  dengan  memanfaatkan  berbagai  media  yang  ada.
                           Periklanan  merupakan  salah  satu  dari  alat  yang  paling  umum  digunakan
                           perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran
                           dan  masyarakat.  Periklanan  adalah  segala  bentuk  penyajian  non‐personal
                           dan  promosi  ide,  barang,  atau  jasa  oleh  suatu  sponsor  tertentu  yang
                           memerlukan  pembayaran  (Kotler,  1997).  Meskipun  tidak  secara  langsung
                           berakibat  terhadap  pembelian,  iklan  merupakan  sarana  untuk  membantu
                           pemasaran  yang  efektif  untuk  menjalin  komunikasi  antara  perusahaan
                           dengan  konsumen  dalam  usahanya  untuk  menghadapi  pesaing.
                           Kemampuan  dari  calon  konsumen  dalam  mengenali  maupun  mengingat
                           suatu produk didefisinisikan sebagai brand awareness. Dengan terciptanya
                           brand  awareness  oleh  calon  konsumen  akibat  pemasangan  iklan,  maka
                           diharapkan  akan  mendorong  terjadinya  perubahan  perilaku  konsumen
                           menjadi  seperti  yang  diinginkan  oleh  produsen  (Intan  Puspitasari,  2009).
                           Sehingga  brand  awareness menjadi salah satu  faktor penting yang
                           dibutuhkan para pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya. Sebab,
                           tak bisa kita pungkiri bila semakin banyak konsumen yang mengingat brand
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129