Page 125 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 125
109
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
produk Anda, maka semakin besar pula intensitas pembelian yang akan
mereka lakukan.
Salah satu upaya yang dilakukan oleh UT untuk meningkatkan jumlah
mahasiswa, khususnya mahasiswa non pendas serta mengantisipasi
penurunan jumlah mahasiswa Pendas, adalah dengan melakukan promosi
melalui iklan di berbagai media, baik cetak maupun non cetak (elektronik).
Media‐media yang digunakan tersebut antara lain melalui pemanfaatan
spanduk, leaflet, booklet, iklan advertorial di surat kabar, spot iklan di radio,
sosialisasi dan promosi di SMA, talk show, partisipasi dalam pameran
pendidikan serta iklan di televisi, baik di TV komersial maupun di TV Kereta
Api dan Bandara. Upaya ini dilakukan selain untuk menarik minat
masyarakat untuk menjadi mahasiswa UT, juga untuk memelihara ingatan
masyarakat akan adanya UT.
Salah satu bentuk promosi yang dilakukan UT pada media elektronik
adalah pemasangan iklan di TV Kereta Api. Hal ini bertujuan untuk
memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa
angkutan udara. Pemilihan media TV bandara sebagai media periklanan
mempunyai alasan karena paradigma masyarakat akan pemilihan alat
transportasi telah berubah. Sebelum banyak bermunculan maskapai baru
dengan tarif yang relatif terjangkau, masyarakat cenderung memilih alat
transportasi darat. Namun, setelah banyak maskapai baru bermunculan dan
menawarkan berbagai harga yang cukup menggiurkan masyarakat, maka
masyarakat pun mulai beralih ke alat transportasi udara. Sehubungan
dengan hal tersebut maka studi ini dimaksudkan untuk mengetahui
efektifitas iklan UT pada TV Bandara terhadap brand awareness.
Berdasarkan latar belakang tersebut, tulisan ini akan menjelaskan
efektivitas iklan UT di TV Bandara dalam menumbuhkan brand awareness
UT pada masyarakat.
Iklan dalam Kajian Komunikasi
Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari iklan,
antara lain Kotler yang mengartikan iklan adalah semua bentuk penyajian
non personal, promosi ide‐ide, promosi barang produk atau jasa yang
dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar. Menurut Koniq, iklan adalah
informasi yang up to date kepada konsumen mengenai komoditi‐komoditi
dan dorongan‐dorongan kebutuhan tertentu yang bertujuan untuk menjaga
tingkat produksi (Ridwan, 2012). Selanjutnya Riyanto mengartikan iklan