Page 125 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 125

109
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                   produk  Anda,  maka  semakin  besar  pula  intensitas  pembelian  yang  akan
                                   mereka lakukan.
                                      Salah satu upaya yang dilakukan oleh UT untuk meningkatkan jumlah
                                   mahasiswa,  khususnya  mahasiswa  non  pendas  serta  mengantisipasi
                                   penurunan  jumlah  mahasiswa  Pendas,  adalah  dengan  melakukan  promosi
                                   melalui iklan di berbagai media, baik cetak maupun non cetak (elektronik).
                                   Media‐media  yang  digunakan  tersebut  antara  lain  melalui  pemanfaatan
                                   spanduk, leaflet, booklet, iklan advertorial di surat kabar, spot iklan di radio,
                                   sosialisasi  dan  promosi  di  SMA,  talk  show,  partisipasi  dalam  pameran
                                   pendidikan serta iklan di televisi, baik di TV komersial maupun di TV Kereta
                                   Api  dan  Bandara.  Upaya  ini    dilakukan  selain  untuk  menarik  minat
                                   masyarakat untuk menjadi mahasiswa UT, juga untuk memelihara ingatan
                                   masyarakat akan adanya UT.
                                      Salah  satu  bentuk  promosi  yang  dilakukan  UT  pada  media  elektronik
                                   adalah  pemasangan  iklan  di  TV  Kereta  Api.  Hal  ini  bertujuan  untuk
                                   memberikan  informasi  kepada  masyarakat,  khususnya  pengguna  jasa
                                   angkutan  udara.  Pemilihan  media  TV  bandara  sebagai  media  periklanan
                                   mempunyai  alasan  karena  paradigma  masyarakat  akan  pemilihan  alat
                                   transportasi  telah  berubah.  Sebelum  banyak  bermunculan  maskapai baru
                                   dengan  tarif  yang  relatif  terjangkau,  masyarakat  cenderung  memilih  alat
                                   transportasi darat. Namun, setelah banyak maskapai baru bermunculan dan
                                   menawarkan  berbagai  harga  yang  cukup  menggiurkan  masyarakat,  maka
                                   masyarakat  pun  mulai  beralih  ke  alat  transportasi  udara.  Sehubungan
                                   dengan  hal  tersebut  maka  studi  ini  dimaksudkan  untuk  mengetahui
                                   efektifitas iklan UT pada TV Bandara terhadap brand awareness.
                                      Berdasarkan  latar  belakang  tersebut,  tulisan  ini  akan  menjelaskan
                                   efektivitas iklan UT di TV Bandara dalam menumbuhkan brand awareness
                                   UT pada masyarakat.

                                   Iklan dalam Kajian Komunikasi
                                      Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari iklan,
                                   antara  lain  Kotler  yang  mengartikan  iklan adalah  semua  bentuk  penyajian
                                   non  personal,  promosi  ide‐ide,  promosi  barang  produk  atau  jasa  yang
                                   dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar. Menurut Koniq, iklan adalah
                                   informasi yang up to date kepada konsumen mengenai komoditi‐komoditi
                                   dan dorongan‐dorongan kebutuhan tertentu yang bertujuan untuk menjaga
                                   tingkat  produksi  (Ridwan,  2012).  Selanjutnya  Riyanto  mengartikan  iklan
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130