Page 130 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 130

114
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                           g.  Membentuk  ingatan  dalam  pikiran  konsumen  akan  lebih  sulit
                               perusahaan harus selalu melakukan pengulangan untuk meningkatkan
                               ingatan konsumen tehadap merek.

                           Media Televisi Bandar Udara
                               Dengan  pemilihan  media  yang  tepat,  maka  iklan  akan  memberikan
                           kontribusi  yang  maksimal  dalam  mengenalkan  produk  yang  ditawarkan.
                           Menurut  Kotler  (dalam  Fuadi,  2012),  ada  beberapa  keunggulan  dan
                           kelemahan dalam pemilihan televisi sebagai media dalam periklanan, yaitu:
                              dibandingkan  dengan  memperkenalkan  suatu  produk  baru,  sehingga
                               Keunggulan:  High  reach,  dapat  menunjukkan  sesuatu,  demonstratif,
                               high impact, dan bergengsi.
                              Kelemahan: Pesan berlalu sangat  cepat, biaya tinggi,  cluttered,
                               pemborosan dalam jangkauan geografis.

                               Selanjutnya  menurut  Russel  (dalam  Fuadi,  2012),  televisi  yang
                           merupakan kombinasi antara penglihatan, bunyi (suara), gerak dan warna
                           adalah  medium  nomor  satu  untuk  para  pengiklan,  walaupun  biaya  yang
                           dikeluarkan cukup tinggi. Hal ini karena televisi memiliki karakterisitik yang
                           mendukung sebagai berikut (Russel dalam Fuadi, 2012):
                           a.  Televisi  merupakan  medium  yang  sangat  kreatif  dan  luwes,  pesan
                               produk apapun dapat diterapkan dalam karakteristik televisi.
                           b.  Televisi jaringan merupakan sarana utama untuk menjangkau audiens
                               masa.
                           c.  Televisi menawarkan prestise kepada para pengiklan yang tidak cukup
                               dimiliki oleh sebagian besar media lain.

                               Namun  demikian,  televisi  juga  memiliki  karakteristik  yang  tidak
                           mendukung sebagai berikut (Russel dalam Fuadi, 2012):
                               a.  Pesan televisi cepat berlalu dan mudah dilupakan, maka  perlu
                                   dilakukan  secara  berulang‐ulang,  dimana  bila  diperlukan
                                   pengulangan maka akan menggunakan biaya yang besar.
                               b.  Audiens televisi terpisah‐pisah dengan banyaknya pilihan seperti TV
                                   kabel,  stasiun  independen,  dan  VCR  yang  saling  bersaing  untuk
                                   memperoleh waktu bagi audiens.
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135