Page 130 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 130
114
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
g. Membentuk ingatan dalam pikiran konsumen akan lebih sulit
perusahaan harus selalu melakukan pengulangan untuk meningkatkan
ingatan konsumen tehadap merek.
Media Televisi Bandar Udara
Dengan pemilihan media yang tepat, maka iklan akan memberikan
kontribusi yang maksimal dalam mengenalkan produk yang ditawarkan.
Menurut Kotler (dalam Fuadi, 2012), ada beberapa keunggulan dan
kelemahan dalam pemilihan televisi sebagai media dalam periklanan, yaitu:
dibandingkan dengan memperkenalkan suatu produk baru, sehingga
Keunggulan: High reach, dapat menunjukkan sesuatu, demonstratif,
high impact, dan bergengsi.
Kelemahan: Pesan berlalu sangat cepat, biaya tinggi, cluttered,
pemborosan dalam jangkauan geografis.
Selanjutnya menurut Russel (dalam Fuadi, 2012), televisi yang
merupakan kombinasi antara penglihatan, bunyi (suara), gerak dan warna
adalah medium nomor satu untuk para pengiklan, walaupun biaya yang
dikeluarkan cukup tinggi. Hal ini karena televisi memiliki karakterisitik yang
mendukung sebagai berikut (Russel dalam Fuadi, 2012):
a. Televisi merupakan medium yang sangat kreatif dan luwes, pesan
produk apapun dapat diterapkan dalam karakteristik televisi.
b. Televisi jaringan merupakan sarana utama untuk menjangkau audiens
masa.
c. Televisi menawarkan prestise kepada para pengiklan yang tidak cukup
dimiliki oleh sebagian besar media lain.
Namun demikian, televisi juga memiliki karakteristik yang tidak
mendukung sebagai berikut (Russel dalam Fuadi, 2012):
a. Pesan televisi cepat berlalu dan mudah dilupakan, maka perlu
dilakukan secara berulang‐ulang, dimana bila diperlukan
pengulangan maka akan menggunakan biaya yang besar.
b. Audiens televisi terpisah‐pisah dengan banyaknya pilihan seperti TV
kabel, stasiun independen, dan VCR yang saling bersaing untuk
memperoleh waktu bagi audiens.