Page 135 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 135
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
dari faktor‐faktor Brand Awareness. Analisis deskriptif menggambarkan
proporsi jawaban responden terhadap berbagai pilihan jawaban yang
mendeskripsikan tentang faktor‐faktor brand awareness dan efektivitas
iklan melalui butir‐butir pertanyaan yang tersedia dalam kuesioner.
Selain analisa deskriptif, penelitian inijuga menggunakan analisa model
Structural Equation Model (SEM) dengan PLS. SEM digunakan karena pada
penelitian ini menganalisi hubungan antar variabel secara langsung maupun
hubungan antar variabel secara tidak langsung dengan menggunakan
variabel intervening. Variabel intervening adalah variabel perantara, yaitu
kepuasan kerja dan kemampuan individu.
Metode SEM menggunakan dua macam komponen, yaitu: 119
1. Variabel Laten
Variabel laten adalah variable kunci yang menjadi perhatian. Variabel
laten tidak dapat diobservasi, sehingga tidak dapat diukur secara
langsung. Variabel laten dibagi menjadi dua macam variabel yaitu
variabel endogen () dan variabel eksogen (). Variabel endogen.
Variabel eksogen adalah suatu variabel yang tidak dapat dipengaruhi
oleh variabel lain (atau disebut variabel independen didalam model
regresi). Sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dapat
dipengaruhi variabel lain.
2. Variabel teramati atau indikator.
Merupakan variabel yang dapat diamati atau dapat diukur secara
empiris. Notasi matematik untuk variable teramati yang merupakan
ukuran dari variable eksogen (ξ) adalah X, sedangkan yang merupakan
efek dari variable laten endogen adalah Y. pada penelitian ini indikator
sebagai refleksi dari variabel laten. Indikator yang digunakan untuk
menjelaskan hubungan refleksi dengan variabel laten.