Page 136 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 136

Kerangka Pemikiran

                                                                                  Merk dikenal
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital   120
                                                                                  Iklan diingat
                                                Unaware

                                                                                  Pesan iklan
                                               Recognize                           dipahami
                               Brand                            Efektivitas
                             Awareness                            Iklan           Memahami
                                                 Recall
                                                                                  keunggulan

                                               Top of mind                         Memiliki
                                                                                  kepercayaan
                                                                                 Meyakini produk
                                                                                   lebih baik
                             Pesan Iklan


                                              Gambar 1. Kerangka Penelitian
                              Sumber: Rangkuti (2002) dan Schults & Tannenbaum dalam Puspitasari
                                                        (2009)

                                          Tabel 1. Variabel Operasional Penelitian

                              Variabel               Indikator              Pengukuran
                              Pesan iklan   a.  Iklan sangat menarik (IM1)  Skala Likers
                                           b.  Iklan mampu menarik minat
                                                                               1‐5
                                              (MM2)
                                           c.  Iklan mampu membangkitkan
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141