Page 132 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 132
116
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
Beberapa penelitian tentang periklanan maupun media yang digunakan
dalam pemasangan iklan yang telah dilakukan, antara lain:
1. Djalal Fuadi (2012) berjudul Efektifitas Penggunan Media Dalam Meraih
Calon Mahasiswa Baru: Studi Kasus Pada Lima Perguruan Tinggi Swasta
Di Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata‐rata jumlah media
yang berhasil mempengaruhi kelima PTS berbeda satu dengan yang lain,
2) variasi dan banyak model publikasi mempengaruhi jumlah calon
mahasiswa pendaftar, 3) jenis media yang memiliki efektifitas tinggi
adalah; mahasiswaPTS itu sendiri, Forum mahasiswa Daerah, spanduk,
anjangsana ke sekolah‐sekolah, dan iklan outdoor.
2. Puspitasi (2009) berjudul Faktor‐Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas
Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness. Berdasarkan hasil
analisis, maka untuk dapat menghasilkan sebuah iklan yang memiliki
efektifitas yang tinggi dalam meningkatkan brand awareness dapat
dilakukan dengan pendekatan tiga buah variabel, yaitu dengan
memperhatikan endorser yang digunakan dalam iklan, memperhatikan
pesan yang akan disampaikan dalam iklan bersifat informatif atau
mengajak konsumen serta dengan memperhatikan media yang
digunakan untuk beriklan.
3. Prakoso (2013) berjudul Analisis Sikap Pemirsa Terhadap Iklan Internet
Service Provider Smartfren Di Televisi. Hasil analisis menunjukkan
rancangan struktur pesan dan format iklan Smartfren, secara efektif
berpengaruh kepada pemirsa untuk bersikap positif terhadap
Smartfren.
Metode Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Bandar Udara Soekarno Hatta (Soetta)
dengan alasan bahwa mulai tahun 2013 sampai sekarang UT telah bekerja
sama dengan perusahaan yang menangani TV Bandara. Waktu yang
diperlukan untuk melaksanakan penelitian adalah bulan April sampai
Oktober 2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang angkutan
udara yang berangkat dari bandara Soetta. Sementara sampel penelitian
adalah calon penumpang angkutan udara yang berada di terminal‐terminal
dimana terdapat titik pemutaran TV bandara. Titik pemutaran TV Bandara
yang telah ada sekarang sebanyak 149 di seluruh terminal Bandara Soetta.