Page 132 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 132

116
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                               Beberapa penelitian tentang periklanan maupun media yang digunakan
                           dalam pemasangan iklan yang telah dilakukan, antara lain:
                           1.  Djalal Fuadi (2012) berjudul Efektifitas Penggunan Media Dalam Meraih
                               Calon Mahasiswa Baru: Studi Kasus Pada Lima Perguruan Tinggi Swasta
                               Di  Surakarta.  Hasil  penelitian  menunjukkan  1)  rata‐rata  jumlah  media
                               yang berhasil mempengaruhi kelima PTS berbeda satu dengan yang lain,
                               2)  variasi  dan  banyak  model  publikasi  mempengaruhi  jumlah  calon
                               mahasiswa  pendaftar,  3)  jenis  media  yang  memiliki  efektifitas  tinggi
                               adalah; mahasiswaPTS itu sendiri, Forum mahasiswa Daerah, spanduk,
                               anjangsana ke sekolah‐sekolah, dan iklan outdoor.
                           2.  Puspitasi (2009) berjudul Faktor‐Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas
                               Iklan  Dalam  Menumbuhkan  Brand  Awareness.  Berdasarkan  hasil
                               analisis,  maka  untuk  dapat  menghasilkan  sebuah  iklan  yang  memiliki
                               efektifitas  yang  tinggi  dalam  meningkatkan  brand  awareness  dapat
                               dilakukan  dengan  pendekatan  tiga  buah  variabel,  yaitu  dengan
                               memperhatikan endorser yang digunakan dalam iklan, memperhatikan
                               pesan  yang  akan  disampaikan  dalam  iklan  bersifat  informatif  atau
                               mengajak  konsumen  serta  dengan  memperhatikan  media  yang
                               digunakan untuk beriklan.
                           3.  Prakoso (2013) berjudul Analisis Sikap Pemirsa Terhadap Iklan Internet
                               Service  Provider  Smartfren  Di  Televisi.  Hasil  analisis  menunjukkan
                               rancangan  struktur  pesan  dan  format  iklan  Smartfren,  secara  efektif
                               berpengaruh  kepada  pemirsa  untuk  bersikap  positif  terhadap
                               Smartfren.

                           Metode Penelitian
                               Penelitian  ini  dilaksanakan  di  Bandar  Udara  Soekarno  Hatta  (Soetta)
                           dengan alasan bahwa mulai tahun 2013 sampai sekarang UT telah bekerja
                           sama  dengan  perusahaan  yang  menangani  TV  Bandara.  Waktu  yang
                           diperlukan  untuk  melaksanakan  penelitian  adalah  bulan  April  sampai
                           Oktober 2015.
                               Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  penumpang  angkutan
                           udara  yang  berangkat  dari  bandara  Soetta.  Sementara  sampel  penelitian
                           adalah calon penumpang angkutan udara yang berada di terminal‐terminal
                           dimana terdapat titik pemutaran TV bandara. Titik pemutaran TV Bandara
                           yang telah ada sekarang sebanyak 149 di seluruh terminal Bandara Soetta.
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137