Page 131 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 131

115
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                      c.  Biaya  iklan  yang  relatif  mahal,  sehingga  mengakibatkan  pesan‐
                                          pesan iklan menjadi lebih pendek, sehingga iklan bisa menjadi tidak
                                          jelas.

                                      Airpoteve  adalah  siaran  TV  komunitas  yang  khusus  ditayangkan  di
                                   kawasan bandar udara di Indonesia, dalam hal ini di bandara Soekarno Hatta
                                   (Soetta)  dan  dikelola  oelh  PT.  Indocipta  Polanusa.  Jenis  iklan  yang
                                   ditayangkan  di  Airpoteve  berupa  TV  commercial  yang  berdurasi  30 detik,
                                   scrolling  banner  dengan  durasi  15  detik  serta  TV  program  dengan durasi
                                   antara 5‐10 menit. Dengan pengelolaan media TV yang tersebar di lokasi‐
                                   lokasi strategis seperti publik area, check‐in area, corridor, boarding lounge
                                   dan area kedatangan, maka dipandang perlu untuk melakukan periklanan di
                                   media ini. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah adanya kenaikan yang
                                   cukup  signifikan  dalam  dunia  transportasi  udara,  baik  dari  jumlah
                                   pergerakan  pesawat  maupun  kenaikan  jumlah  penumpang  per  tahun.
                                   Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat sebagai pengguna bandara ini,
                                   maka  secara  langsung  akan  berdampak  pada  peningkatan  efektifitas
                                   pemasangan iklan di bandara (www.airporteve.com).
                                      Berdasarkan  website  resmi  airpoteve  (www.airpoteve.com),  ada
                                   beberapa  keuntungan  yang  ditawarkan  oleh  airporteve  dalam  periklanan
                                   melalui televisi, yaitu:
                                      a.  Program  Airporteve  adalah  siaran  in‐house  yang  terprogram
                                          dengan channel terkunci, sehingga tidak dapat diganti ke channel
                                          lain.
                                      b.  Lokasi  serta  jumlah TV  yang tersebar  di seluruh area  bandara,
                                          memastikan  tayangan  iklan  akan  terlihat  oleh  pengguna  jasa
                                          bandara.
                                      c.  Pengguna transportasi udara didominasi oleh para decision maker,
                                          baik  di  tingkat  pemerintahan,  pelaku  usaha  serta  investor  yang
                                          menjadi target yang sangat potensial.
                                      d.  Jumlah  penumpang  pesawat  terus  mengalami  kenaikan  yang
                                          signifikan  setiap  tahun,  menjadikan  bandara  sebagai  tmepat
                                          promosi yang sangat tepat.
                                      e.  Penentuan  jenis  program  dan  jumlah  tanyangan  yang  fleksibel
                                          dapat disesuikan dengna kebutuhan pemasang iklan.

                                   Penelitian‐Penelitian Terdahulu
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136