Page 131 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 131
115
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
c. Biaya iklan yang relatif mahal, sehingga mengakibatkan pesan‐
pesan iklan menjadi lebih pendek, sehingga iklan bisa menjadi tidak
jelas.
Airpoteve adalah siaran TV komunitas yang khusus ditayangkan di
kawasan bandar udara di Indonesia, dalam hal ini di bandara Soekarno Hatta
(Soetta) dan dikelola oelh PT. Indocipta Polanusa. Jenis iklan yang
ditayangkan di Airpoteve berupa TV commercial yang berdurasi 30 detik,
scrolling banner dengan durasi 15 detik serta TV program dengan durasi
antara 5‐10 menit. Dengan pengelolaan media TV yang tersebar di lokasi‐
lokasi strategis seperti publik area, check‐in area, corridor, boarding lounge
dan area kedatangan, maka dipandang perlu untuk melakukan periklanan di
media ini. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah adanya kenaikan yang
cukup signifikan dalam dunia transportasi udara, baik dari jumlah
pergerakan pesawat maupun kenaikan jumlah penumpang per tahun.
Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat sebagai pengguna bandara ini,
maka secara langsung akan berdampak pada peningkatan efektifitas
pemasangan iklan di bandara (www.airporteve.com).
Berdasarkan website resmi airpoteve (www.airpoteve.com), ada
beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh airporteve dalam periklanan
melalui televisi, yaitu:
a. Program Airporteve adalah siaran in‐house yang terprogram
dengan channel terkunci, sehingga tidak dapat diganti ke channel
lain.
b. Lokasi serta jumlah TV yang tersebar di seluruh area bandara,
memastikan tayangan iklan akan terlihat oleh pengguna jasa
bandara.
c. Pengguna transportasi udara didominasi oleh para decision maker,
baik di tingkat pemerintahan, pelaku usaha serta investor yang
menjadi target yang sangat potensial.
d. Jumlah penumpang pesawat terus mengalami kenaikan yang
signifikan setiap tahun, menjadikan bandara sebagai tmepat
promosi yang sangat tepat.
e. Penentuan jenis program dan jumlah tanyangan yang fleksibel
dapat disesuikan dengna kebutuhan pemasang iklan.
Penelitian‐Penelitian Terdahulu