Page 119 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 119
103
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
tetapi juga perangkat komunikasi nirkabel lainnya seperti telepon seluler,
personal data assistant, tab atau gadget lain yang terhubung dengan
internet.
saat
masyarakat informasi
Perangkat
telah
ini
komunikasi
bertransformasi menjadi perangkat komunikasi yang tidak sekedar
menawarkan fitur telekomunikasi tetapi juga akses data. Masyarakat
informasi global menganggap perangkat komunikasi nirkabel menjadi
kebutuhan yang turut mempengaruhi gaya hidup, terutama dalam
mengakses dan mendistribusikan informasi.
Memperhatikan masyarakat Indonesia saat ini sudah terkena dampak
kemajuan teknologi informasi, terlihat dengan kepemilikan telepon seluler
hampir setiap orang mempunyai telepon seluler. Penggunaan telepon
seluler pintar (smart phone) yang menawarkan fitur‐fitur canggih yang
memudahkan masyarakat dalam berinterksi dengan teman, kerabat
menggunakan jaringan internet serta aplikasi‐aplikasi media social yang
sedang marak. Berkembangnya jaringan sosial virtual menjadi babak
selanjutnya dalam era transisi menuju masyarakat informasi. Masyarakat
Indonesia kemudian menjalin jaringan untuk berbagi informasi tanpa
kendala jarak dan waktu.
Berdasarkan riset We Are Social dan Hootsuite 2017 yang diunggah
pada Senin, 22 Mei 2017, menyebutkan bahwa pengguna internet di
Indonesia tumbuh 51persen dalam kurun waktu satu tahun. 51% berasal
dari jumlah pengguna internet 132 juta dari sekitar 262 juta jiwa penduduk
Indonesia. Sedangkan jumlah handphone yang beredar melebihi dari jumlah
penduduk, yakni 371,4 juta (142%). Jumlah ini meningkat sekitar 45 juta jiwa
dari jumlah di tahun sebelumnya, atau sekitar 14%. Dari jumlah tersebut, 92
juta (35%) diantaranya merupakan handphone berbasis android yang bisa
mengakses internet.Dari jumlah pengguna internet yang ada, 77% di
antaranya menggunakan internet setiap hari, 12% menggunakan internet
beberapa hari per minggu, 7% menggunakan internet beberapa kali per
bulan, dan hanya 3% saja yang mengakses beberapa kali per tahun.
Kemudian, pengguna Facebook di Indonesia saat ini sebesar 106 juta jiwa.
Dari jumlah tersebut, 87% pengguna facebook menggunakan handphone
(Kallawaly, 2017).
Menyimak fenomena dan data di atas yang dikemukakan oleh Kallaway,
dengan demikian masyarakat Indonesia sudah menjadi masyarakat
informasi. Karena 35% pengguna handphone berbasis android yang mudah