Page 115 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 115

99
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                   multimodal  secara  efektif,  yang  perlu  dilakukan  adalah  mereka  harus
                                   terlebih dahulu belajar menggunakan berbagai literatur. Kemampuan untuk
                                                                                 dapat
                                                                     diharapkan
                                                            bentuk,
                                                  berbagai
                                           dalam
                                                                                        membantu
                                   belajar
                                                                    efektif,
                                                            secara
                                                  informasi
                                                                            sehingga
                                                                                      menghasilkan
                                   mengumpulkan
                                   pemahaman dan mencerminkan pengetahuan mereka.
                                      Selanjutnya  Caitrin  menyampaikan  bahwa  terdapat  beberapa
                                   kompetensi dalam multilitersi antara lain:
                                      1.  Literasi visual. Memahami dan merenungkan melalui sarana visual,
                                                                 mengolah
                                                                            dan
                                          termasuk
                                                                                 merepresentasikan
                                                    kemampuan
                                          pengetahuan melalui gambar
                                      2.  Melek  huruf  tekstual.  Membaca  untuk  memahami  dan
                                          mengevaluasi  menggunakan  berbagai  sumber  (sastra,  artikel,
                                          dokumen  sejarah)  serta  kemampuan  untuk  mencerminkan
                                          pengetahuan melalui cara tertulis.
                                      3.  Literasi  digital.  Mengumpulkan  dan  mensintesis  informasi  dari
                                          media digital, termasuk sumber online atau media.
                                      4.  Literasi  teknologi.  Menggunakan  teknologi  secara  bertanggung
                                          jawab  untuk  belajar,  berkomunikasi,  mendistribusikan,  dan
                                          menciptakan.

                                      Segala  hal  yang  menyampaikan  arti  bisa  dinyatakan  sebagai  ‘teks’.
                                   Ragam  literasi  jamak  disebut  multiliterasi  (Mursyid,  20..)  .  Jika  seseorang
                                   mampu berliterasi, maka dikatakanlah individu yang "literat". Literat dalam
                                   segala  hal  bentuk  teks.  Literasi  dalam  konteks  kemampuan  berpikir
                                   menggunakan sumber pengetahuan dapat dikategorikan menjadi beberapa
                                   jenis  literasi.  Literasi  dalam  bentuk  gambar  dinamakan  sebagai  visual
                                   literacy.  Kemudian  literasi  dasar  (basic  literacy),  literasi  perpustakaan
                                   (library  literacy),  literasi  media  (media  literacy),  literasi  teknologi
                                   (technology literacy), dan literasi visual (visual literacy).
                                      Yunus  (2015),  menyatakan  bahwa  persinggungan  literasi  dengan
                                   konteks, budaya, dan media komunikasi dikenal dengan istilah multiliterasi.
                                   Multiliterasi  merupakan  kemampuan  berbahasa  yang  bertemali  dengan
                                   konteks,  budaya  dan  media.  Wujud  dasarnya  adalah  keterampilan
                                   berbahasa,  yakni  keterampilan  membaca,  menulis,  berbicara  dan
                                   menyimak. Dalam penerapannya keempat keterampilan tersebut dipadukan
                                   dengan  keterampilan  menggunakan  teknologi  komunikasi  dan  informasi.
                                   Sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, guru di
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120