Page 116 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 116
100
Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital
sekolah atau bahkan masyarakat harus berpikir bahwa literasi merupakan
sebuah konsep yang berkembang dan mempunyai konsekuensi pada
penggunaan berbagai media digital di kelas, sekolah dan masyarakat. Pada
intinya menjadi literat pada abad informasi berarti harus mampu untuk
terlibat dalam berbagai praktik literasi dan mampu menggambarkan
berbagai perangkat keterampilan literasi dalam keberagaman domain
literasi.
Pengertian multiliterasi adalah keterampilan menggunakan beragam
cara untuk menyatakan dan memahami ide‐ide dan informasi dengan
menggunakan bentuk‐bentuk teks konvensional maupun tkes inovatif,
simbol dan multimedia. Media dalam konteks pembelajran mutiliterasi
memiliki makna yang lebih luas yaitu segala bentuk peranti yang digunakan
oleh siswa untuk membangkitkan, beroleh pemahaman, keterampilan dan
juga peranti yang digunakan untuk menyalurkan berbagai pemahaman.
Media multiliterasi bersifat multimedia yang mencakup literasi visual,
tekstual, performa, seni dan literasi digital. Dengan demikian media
pembelajran multiliterasi bisa berupa teks, gambar, performa/aksi, musik,
seni drama, pahatan, internet, dan segala bentuk peranti yang mengandung
unsur keliterasian. Media pembelajaran multimedia dapat dijadikan
pembangkit dan pembentuk pemahaman dan keterampilan. Pada dasarnya
adalah berbagai media yang sudah ada dalam kehidupan sehari‐hari, yang
mencakup (Yunus, 2015) :
1. media literasi tekstual, beragam teks yang ada
2. media literasi visual, misalnya karikatur, simbol tertentu.rambu lalu
lintas, lukisan dan beragam media visual lainnya yang didalamnya
terkandung pesan dan makna
3. media literasi musikal/seni, misalnya syair lagu, instrumentalia,
musikalisasi, puisi, dan beragam musik lainnya
4. media literasi performa, misalnya teater, drama, performingart,
pembacaan puisi, tari, dan sebagainya
5. media literasi digital, misalnya berbagai bentuk informasi di
internet, film, power point, dan media digital lainnya.
Menyimak uraian di atas, bahwa kemampuan multiliterasi merupakan
suatu keterampilan seseorang yang dapat membantu dalam memahami
suatu pengetahuan. Kemampuan multiliterasi sangat bermanfaat terutama
pada dunia pendidikan, siswa akan lebih mudah memahami meteri yang