Page 111 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 111

95
                                           Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                                         Multiliterasi pada Masyarakat Informasi
                                                            Indonesia

                                                  Sri Suharmini Wahyuningsih

                                                   Jurusan Ilmu Komunikasi
                                                      Universitas Terbuka

                                   PENDAHULUAN

                                      Masyarakat  informasi  sudah  mulai  muncul  pada  saat  mulai  maraknya
                                   teknologi  komunikasi  dan  informasi  di  dunia.  Dampak  dari  maraknya
                                   teknologi yang begitu pesat sangat mempangaruhi kehidupan masyarakat.
                                   Apalagi  dengan  ledakan  informasi  yang  terjadi  saat  ini,  masyarakat
                                   disuguhkan  berbagai  informasi  yang  sangat  mudah  untuk  didapat  sesuai
                                   dengan kebutuhan.
                                      Jaringan  internet  yang  ditawarkan  dari  berbagai  provider,  dengan
                                   mudah  masyarakat  dapat  menyambungkan  jaringan  internet  baik  untuk
                                   rumahan  maupun  masyarakat  yang  bergerak  kemana  saja  atau  mobile.
                                   Berbagai  fasilitas  dari  provider  internet  sangat  memanjakan  masyarakat
                                   yang haus akan informasi, baik informasi ilmiah, hiburan, intertainment dan
                                   lain‐lain dengan mudahnya dapat diakses dari berbagai tempat.
                                      Menurut sumber Kompas.com yang dirujuk dari eMarketer.com tahun
                                   2014,  dapat memprediksikan  bahwa pengguna Internet  di  Indonesia pada
                                   tahun  2017  berjumlah  112,6  juta  orang,  jumlah  tersebut  menempatkan
                                   Indonesia  pada  posisi  ke  enam  dari  pengguna  Internet  seluruh  dunia.
                                   Sedangkan hasil survei tahun 2016 oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
                                   Indonesia (APJJI) menuebutkan bahwa pengguna Internet Indonesia tahun
                                   2016  sebesar  136,7  juta,  berarti  sudah  melebihi  prediksi  tahun  2014.
                                   Sehingga dengan melihat data tersebut masyarakat Indonesia boleh dibilang
                                   sebagai  masyarakat  yang  sudah  terbuka  dengan  berbagai  informasi atau
                                   tidak asing dengan literasi informasi.
                                      Penggunaan  handphone  (HP)  bagi  masyarakat  Indonesia  sudah  tidak
                                   asing  lagi,  bahkan  HP  merupakan  salah  satu  kebutuhan,  terutama  untuk
                                   berkomunikasi.  Menurut  Mochtar  Riady  (Chairman  Lippo  Group,  2014),
                                   menyatakan bahwa semua masyarakat Indonesia sudah menggunakan HP.
                                   Menurut  beliau  juga,  bahwa  peredaran  HP  di  Indonesia  sampai  dengan
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116