Page 114 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 114

98
                                    Bagian II: Media Sosial dan Multiliterasi di Era Digital

                               b.  Literatur  abad  ke‐21  adalah  aspek  kritis  pendidikan  bahasa  dan
                                   literasi siswa serta kemampuan melek huruf yang lebih tradisional.
                               c.  Guru  dapat  membuat  literatur  baru  yang  eksplisit  bagi  siswa
                                   dengan  menggabungkan  secara  sadar  dan  sistematis  dalam
                                   pelajaran  bahasa  serta  area  pembelajaran  lainnya,  dan  melalui
                                   pedagogi kelas yang terampil dan fleksibel.

                           Multiliterasi
                               Di  atas  telah  dinyatakan  oleh  PETAA  bahwa  penggabungan  beberapa
                           literasi  menjadi  multiliterasi  atau  literasi  baru.  Menurut  Caitrin  (2016),
                           menyimpulkan  dari  berbagai  literatur  bahwa  multiliterasi  atu  multimodal
                           memiliki  dua  definisi  yaitu:  mengacu  pada  cara  bahasa  dan  makna yang
                           berkaitan dengan konteks budaya atau sosial.
                               Istilah multiliterasi pada umumnya dipahami sebagai cara pemahaman
                           dan  pengetahuan  yang  diperoleh  dan  tercermin  melalui  representasi
                           multimodal.  Bentuk  tertulis  kemudian  digabungkan  dengan  representasi
                           pendengaran,  visual,  spasial,  lisan  dan  taktil  untuk  menghasilkan  makna
                           baru.  Makna  dibangun  dengan  cara  multimodal  yaitu  mengumpulkan
                           informasi dan belajar melalui berbagai sumber, antara lain: buku, e‐book,
                           Websites,  Films  and  video  clips,  Infographics,  Social  media  posts  dan
                           Podcasts.
                               Multiliterasi  menurut  New  London  Group  adalah  sebuah  pedagogi
                           multiliterak yang menerima dan mendorong berbagai perspektif, alat, dan
                           perspektif  linguistik,  budaya,  komunikatif,  dan  teknologi,    kemudian
                           digunakan  sebagai  alat  bantu  dalam  mempersiapkan  diri  yang  lebih  baik
                           menuju  dunia  global  yang  cepat  berubah.  Di  samping  itu  juga  dapat
                           digunakan  untuk  terus  membantu  sesorang  memiliki  peluang  seluas
                           mungkin dalam menciptakan kehidupan baru dan juga berkontribusi pada
                           komunitas mereka di masa depan mereka.
                               Multiliterasi berhubungan dengan multimodalitas, karena banyak mode
                           didorong  untuk  digunakan  dalam  berbagai  bentuk  ekspresi.  Selain itu,
                           berbagai teknologi dan saluran komunikasi memungkinkan berbagai mode
                           untuk digunakan dalam mengekspresikan diri mereka sendiri.
                               Representasi informasi, terutama di media, yang muncul dalam format
                           multimodal,  dapat  meningkatkan  pentingnya  memahami  representasi  dan
                           kepercayaan  pada  jenis  format  multimodal  atau  multiliterasi.  Untuk
                           mempermudah  belajar  dan  mengumpulkan  informasi  dalam  konteks
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119