Page 35 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 35
misalnya, memungkinkan mereka menafsirkan data tentang berita,
mencari bias dari berita-berita tersebut, dan mengeksplorasi
bagaimana data digunakan untuk mendukung pendapat yang mungkin
benar, atau mungkin salah. Secara praktis, indikator kemampuan
berpikir kritis yang perlu dikuasai siswa masa kini meliputi
kemampuan memberikan alasan secara efektif, berpikir secara sistem,
mengemukakan pendapat dan terampil mengambil keputusan, serta
mampu memecahkan masalah.
Dalam hal komunikasi, siswa tidak hanya dituntut untuk terampil
menyampaikan informasi atau data secara lisan dan tertulis, tetapi
mereka pun harus mampu menganalisa dan mengolah informasi yang
berlimpah secara efektif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara
mengajari mereka memilah dan memilih antara sumber informasi
yang akurat dengan yang tidak, dan menentukan bagaimana informasi
tersebut dimanfaatkan secara efektif. Mengekspresikan pikiran
dengan jelas, mengartikulasikan pendapat dengan cerdik,
menyampaikan arahan secara koheren, dan memotivasi orang,
merupakan keterampilan-keterampilan komunikasi yang dibutuhkan
siswa masa kini dan selalu dinilai di dunia kerja dan di masyarakat.
Para siswa perlu menguasai keterampilan berkomunikasi seperti itu
jika ingin menjadi smart people yang mampu “survive” di dunia kerja
yang sangat kompetitif, yang merupakan salah satu ciri dari smart city.
Berikut beberapa cara pembelajaran keterampilan komunikasi yang
efektif bagi para siswa yang ditawarkan Crockett (2017), yaitu a) ajak
siswa menonton film yang memodelkan keterampilan bercakap-cakap;
b) ajak siswa mendengarkan dan menyimak cara seseorang
mengucapkan kata-kata dalam frasa yang berbeda, melalui audiobook,
misalnya; c) tugaskan siswa belajar kelompok dan presentasi; belajar
kelompok mempertajam kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan
tulisan, serta memberi kesempatan kepada siswa untuk mengasah
keterampilannya beradu pendapat dengan teman-temannya secara
bergiliran, sementara presentasi melatih para siswa untuk berani
tampil berbicara di depan umum dan mengemukakan buah pikirannya
secara sistematis; d) ajukan pertanyaan terbuka; hal ini memberikan
kesempatan kepada siswa untuk memberikan jawaban secara lisan
dengan demikian kemampuan komunikasi lisannya dapat diasah.
Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City 19