Page 34 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 34

tentang  keterampilan  khusus dan paling penting dalam pendidikan
        abad  21  yang  perlu  dikuasai siswa masa kini, yang dikenal dengan
        sebutan  "Empat  C”,  yaitu  Critical  Thinking  and  Problem  Solving
        (berpikir  kritis  dan  memecahkan  masalah),  Communication
        (komunikasi), Collaboration (kolaborasi), dan Creativity and Innovation
        (kreativitas dan inovasi). Hal ini dikuatkan pula oleh Ondrashek (2017)
        yang  merangkum  keterampilan  abad  21  sebagai  kemampuan
        kolaborasi (collaboration), melek digital (digital literacy), berpikir kritis
        (critical  thinking)  dan  kemampuan memecahkan masalah (problem
        solving); serta oleh Binkley et al.; Dede; Mishra dan Kereluik dalam
        Voogt,  Erstad,  Dede,  dan  Mishra  (2013)  yang  menyatakan  bahwa
        terdapat konsensus tentang kompetensi abad 21 yang dianggap kritis,
        yang sangat penting untuk hidup dan berkontribusi pada masyarakat
        kita saat ini, yaitu kemampuan kolaborasi, komunikasi, melek digital,
        kewarganegaraan, pemecahan masalah, pemikiran kritis, kreativitas,
        dan  produktivitas.  Dengan  demikian,  dari  paparan  di  atas  dapat
        disimpulkan  bahwa  kemampuan  berpikir  kritis  dan  memecahkan
        masalah; berkomunikasi; berkolaborasi; dan kreativitas serta inovasi;
        merupakan karakteristik utama dari keterampilan abad 21 yang perlu
        dimiliki  SDM  masa kini. Keterampilan-keterampilan tersebut sangat
        dibutuhkan  oleh  jenis  pekerjaan masa kini yang menekankan pada
        pelayanan jasa.

        PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ABAD 21

            Keterkaitan  antara  kemampuan  berpikir  kritis  dan  proses
        pendidikan sangatlah jelas. Seseorang tidak dapat belajar dengan baik
        tanpa mampu berpikir dengan baik. Kemampuan berpikir kritis bukan
        hanya berkontribusi pada kesuksesan karir seseorang, tapi juga kunci
        sukses belajar di pendidikan tinggi dan smart city. Oleh karenanya,
        membekali siswa menjadi smart people, yang mampu berpikir kritis
        dan memecahkan masalah secara efektif dalam proses pembelajaran,
        sangatlah  penting.  Mengajarkan  berpikir  kritis kepada siswa bukan
        berarti  kita  hanya  memberi  mereka  alat  tetapi  membantu  mereka
        menemukan cara berpikir di luar media yang biasa mereka gunakan.
        Memberi siswa pemahaman tentang bagaimana memahami statistik,


      18  Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39