Page 33 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 33

The  Achievement  Global  Gap  mengidentifikasi  tujuh  keterampilan
               abad 21 yang diperlukan siswa masa kini untuk bertahan hidup dalam
               karir, kuliah, dan sebagai warga negara, yaitu keterampilan berpikir
               kritis  dan  pemecahan  masalah,  kolaborasi,  adaptasi,  inisiatif  dan
               wiraswasta, komunikasif, akses dan analisis informasi, serta rasa ingin
               tahu  dan  imajinasi.  Sementara  Daniel  Pink,  seorang  penulis  dan
               pengamat  politik  Amerika  Serikat,  melalui  bukunya  “A  Whole New
               Mind”  menjelaskan  enam kemampuan penting yang perlu dikuasai
               oleh  para  profesional  masa  kini  untuk  sukses  di  abad  21,  yaitu
               kemampuan  mendeteksi  pola  dan  peluang,  mencipta  keindahan
               artistik dan emosional, meramu gagasan yang tampaknya tidak terkait
               menjadi sesuatu yang baru, empati dengan orang lain dan memahami
               seluk  beluk  interaksi  antar  manusia,  sukacita  dalam  diri  dan
               menularkannya  pada  orang  lain,  serta  merentangkannya  dalam
               mengejar  tujuan  dan  makna.  Terakhir,  Howard  Gardner  (2008),
               seorang  profesor  dari  Harvard,  dalam  bukunya  “Five  Minds  for
               Futures” menjelaskan kemampuan kognitif spesifik yang akan dicari
               dan  dibutuhkan  para  pemimpin  masa  depan,  yaitu  pikiran  terkait
               dengan disiplin, sintesa, mencipta, kehormatan, dan etika.
                    Dengan beragamnya indikator dari konsep keterampilan abad 21
               di atas, sangat masuk akal jika sampai saat ini para pendidik masih
               kebingungan  mengimplementasikan  konsep  tersebut  pada  tataran
                                                                             st
               praktis di kelas-kelas mereka. Jika membaca sejarahnya, gerakan 21
               Century  Skills  ini  telah  berlangsung  selama  lebih  dari satu dekade.
               Sepuluh  tahun yang lalu, misalnya, National Education Association
               (NEA) di Amerika Serikat membantu mendirikan Partnership for 21st
               Century  Skills  (P21)  dan  memfasilitasi  pengembangan  "Kerangka
               Pembelajaran  Abad  21"  yang  menyoroti  18  keterampilan  yang
               berbeda. Keterlibatan NEA sejak awal dalam pengembangan konsep
               dan  kerangka  pembelajaran  abad  21  ini,  membuatnya  empati
               terhadap  kesulitan  para  pendidik  dalam  mengimplementasikan
               konsep keterampilan abad 21 tersebut dalam praktek pembelajaran
               sehari-hari.  Oleh  karenanya,  NEA berusaha mengidentifikasi aspek-
               aspek penting dan utama dari keterampilan abad 21. Hal ini dilakukan
               dengan  cara  melakukan  jajak  pendapat  kepada  semua  pemangku
               kepentingan  dan  instansi  terkait.  Akhirnya  diperoleh  kesepakatan

                               Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City    17
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38