Page 168 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 168
tempat tinggal atau tcmpat kerja dan komitmen karir atau keluarga.
AU berusaha menghilangkan kendala waktu, ruang, pengalaman
pendidikan sebelumnya, dan tingkat penghasilan atau pendapatan
(Athabasea University, 2005).
Dengan memperhatikan uraian tersebut dapat dinyatakan
bal1Wa PTJJ modus tunggal adalah pendidikan tinggi yang hanya
menyelenggarakan PJJ. Sebagian besar kegiatan pembelajaran dan
administratif pad a PTJJ modus tunggal dilaksanakan dengan bantuan
media.
Bates (2000) mengemukakan bahwa jumlah target kelompok
merupakan salah satu faktor yang menyebabkan PTJJ mcnerapkan
modus tunggal. Scperti yang dikemukakan oleh Daniel ( 1998 dalam
Bates, 2000) bahwa hampir semua the mega universities dengan
jumlah mahasiswa lebih dari I 00.000 merupakan PTJJ dengan
modus tunggal. Hal ini terjadi karena PTJJ dengan modus tunggal
tergantung pada skala ekonomi. Pendidikan tinggi denganjumlah
mahasiswa yang banyak, antara 9.000 sampai 22.000, lebih efektif
dan cfisien apabila menerapkan modus tunggal daripada modus
ganda (Keegan & Rumble, 1982 dalam Abrioux, 2006).
Bcrkenaan dcngan kelebihan PTJJ modus tunggal, Abrioux
(2006) mcngemukakan bahwa lcmbaga pendidikan memiliki
komitmcn yang kuat dalam mcnyelenggarakan PJJ dcngan sistcm
belajar tcrbuka danjarakjauh scrta untuk mcncapai standar kualitas
dan profesional. Sclain itu, PTJJ dcngan modus tunggal memiliki
kemampuan untuk menycdiakan registrasi terbuka, pcndailaran
tcrbuka dan t1eksibel, scrta menyelenggarakan pendidikan dcngan
sistcm bclajar individualisasi. Namun demikian, PTJJ dcngan
modus tunggalmenuntut infrastruktur yang mahal. Efcktivitas biaya
pcndidikan hanya dapat dipcnuhi me1alui jumlah mahasiswa yang
tinggi. Di samping itu, untuk meningkatkan kualitas layanan
pendidikan, lcmbaga PTJJ modus tunggal hendaknya tetap
memclihara dan meningkatkan kualitas yang tclah dilakukannya,
mcngcmbangkanjaringan dukungan lokal, mcrekrut mahasiswa
dalam lingkup intcrnasional, memperluas pengembangan produk,
serta mcningkatkan kerja sama.
154