Page 168 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 168

tempat tinggal atau tcmpat kerja dan komitmen karir atau keluarga.
        AU berusaha menghilangkan kendala waktu, ruang, pengalaman
        pendidikan sebelumnya, dan tingkat penghasilan atau pendapatan
        (Athabasea University, 2005).
             Dengan memperhatikan uraian tersebut dapat dinyatakan
        bal1Wa PTJJ modus tunggal  adalah pendidikan tinggi yang hanya
        menyelenggarakan PJJ.  Sebagian besar kegiatan pembelajaran dan
        administratif pad a PTJJ modus tunggal dilaksanakan dengan bantuan
        media.
             Bates (2000) mengemukakan bahwa jumlah target kelompok
        merupakan salah satu faktor yang menyebabkan PTJJ mcnerapkan
        modus tunggal. Scperti yang dikemukakan oleh Daniel ( 1998 dalam
        Bates, 2000) bahwa hampir semua the mega universities dengan
       jumlah mahasiswa lebih dari  I 00.000 merupakan PTJJ dengan
        modus tunggal.  Hal ini terjadi karena PTJJ dengan modus tunggal
        tergantung pada skala ekonomi.  Pendidikan tinggi denganjumlah
        mahasiswa yang banyak, antara 9.000 sampai 22.000, lebih efektif
        dan cfisien apabila menerapkan modus tunggal daripada modus
        ganda (Keegan & Rumble,  1982 dalam Abrioux, 2006).
             Bcrkenaan dcngan kelebihan PTJJ modus tunggal, Abrioux
        (2006) mcngemukakan bahwa lcmbaga pendidikan memiliki
        komitmcn yang kuat dalam  mcnyelenggarakan PJJ dcngan sistcm
        belajar tcrbuka danjarakjauh scrta untuk mcncapai standar kualitas
        dan profesional.  Sclain itu, PTJJ dcngan modus tunggal memiliki
        kemampuan untuk menycdiakan registrasi terbuka, pcndailaran
        tcrbuka dan t1eksibel, scrta menyelenggarakan pendidikan dcngan
        sistcm bclajar individualisasi.  Namun demikian, PTJJ dcngan
        modus tunggalmenuntut infrastruktur yang mahal.  Efcktivitas biaya
        pcndidikan hanya dapat dipcnuhi me1alui jumlah mahasiswa yang
        tinggi.  Di samping itu, untuk meningkatkan kualitas layanan
        pendidikan, lcmbaga PTJJ modus tunggal hendaknya tetap
        memclihara dan meningkatkan kualitas yang tclah dilakukannya,
        mcngcmbangkanjaringan dukungan lokal, mcrekrut mahasiswa
        dalam lingkup intcrnasional, memperluas pengembangan produk,
        serta mcningkatkan kerja sama.



        154
   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173