Page 169 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 169

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH MODUS GANDA
             Sejalan dengan banyaknya pcm1intaan dari masyarakat
       terhadap PTJJ serta pcrkembangan teknologi komunikasi dalam
       dunia pcndidikan, bermunculanlah perguruan tinggi lain yang
       menyelenggarakan PTJJ, di samping mereka masih tctap melayani
       masyarakat untuk mcngikuti pendidikan konvensional.  Banyak
       Jcmbaga pendidikan tinggi menyelcnggarakan program pendidikan
       tatap muka danjarakjauh sckaligus dengan memanfaatkan berbagai
       teknologi baru untuk memenuhi kcbutuhan mahasiswa yang
       bcragam.  Pendidikan tinggi seperti ini discbut pendidikan tinggi
       modus ganda (dual mode).  Secara umum, Abrioux (2006)
       mengemukakan bahwa lembaga pendidikan dengan modus ganda
       adalah lembaga yang sistem pembelajaran dan administratifnya
       mendukung PTJJ dan berbasis kampus (campus-based).
             Keegan (1991) menggunakan istilah mixed institutions untuk
       lcmbaga pendidikan biasa yang menyelenggarakan PJJ.  Ada tiga
       jenis Jcmbaga pendidikan yang termasuk pada katcgori ini.
             Pertama adalah "independent study divisions of conventional
       colleges and universities".  Pcngembangan program pada lcmbaga
       jcnis ini tcrgantung pada fakultas dari universitas induknya.  Pada
       lembagajenis ini, mahasiswa PJJ mempelajari matcri dan mengikuti
       uj ian yang sama dengan mahasiswa pendidikan bias a sehingga
       sertifikat atau ijazah yang diterima oleh mahasiswa PJJ sama dengan
       scrtifikat atau ijazah yang dibcrikan kepada mahasiswa pendidikan
       tinggi biasa.  Salah satujenis program pendidikan yang merupakan
       contohjcnis ini adalah program Extension  pada beberapa
       universitas atau institut, misalnya Independent Study Divisions o{the
        University of Nebraska dan University of Wisconsin £\tension di
       Amerika scrta Ramkhamhaeng University dan Chulalongkorn
        University di Thailand.
             Kedua adalah consultation model.  Kegiatan belajar pada
        lembaga pendidikanjcnis ini dimulai dcngan seminar yang harus
       diikuti oleh mahasiswa PJJ di  kampus setelah mahasiswa
       mempelajari bahan belajar yang discdiakan di  rumah.  Sctclah


                                                                  155
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174