Page 169 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 169
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH MODUS GANDA
Sejalan dengan banyaknya pcm1intaan dari masyarakat
terhadap PTJJ serta pcrkembangan teknologi komunikasi dalam
dunia pcndidikan, bermunculanlah perguruan tinggi lain yang
menyelenggarakan PTJJ, di samping mereka masih tctap melayani
masyarakat untuk mcngikuti pendidikan konvensional. Banyak
Jcmbaga pendidikan tinggi menyelcnggarakan program pendidikan
tatap muka danjarakjauh sckaligus dengan memanfaatkan berbagai
teknologi baru untuk memenuhi kcbutuhan mahasiswa yang
bcragam. Pendidikan tinggi seperti ini discbut pendidikan tinggi
modus ganda (dual mode). Secara umum, Abrioux (2006)
mengemukakan bahwa lembaga pendidikan dengan modus ganda
adalah lembaga yang sistem pembelajaran dan administratifnya
mendukung PTJJ dan berbasis kampus (campus-based).
Keegan (1991) menggunakan istilah mixed institutions untuk
lcmbaga pendidikan biasa yang menyelenggarakan PJJ. Ada tiga
jenis Jcmbaga pendidikan yang termasuk pada katcgori ini.
Pertama adalah "independent study divisions of conventional
colleges and universities". Pcngembangan program pada lcmbaga
jcnis ini tcrgantung pada fakultas dari universitas induknya. Pada
lembagajenis ini, mahasiswa PJJ mempelajari matcri dan mengikuti
uj ian yang sama dengan mahasiswa pendidikan bias a sehingga
sertifikat atau ijazah yang diterima oleh mahasiswa PJJ sama dengan
scrtifikat atau ijazah yang dibcrikan kepada mahasiswa pendidikan
tinggi biasa. Salah satujenis program pendidikan yang merupakan
contohjcnis ini adalah program Extension pada beberapa
universitas atau institut, misalnya Independent Study Divisions o{the
University of Nebraska dan University of Wisconsin £\tension di
Amerika scrta Ramkhamhaeng University dan Chulalongkorn
University di Thailand.
Kedua adalah consultation model. Kegiatan belajar pada
lembaga pendidikanjcnis ini dimulai dcngan seminar yang harus
diikuti oleh mahasiswa PJJ di kampus setelah mahasiswa
mempelajari bahan belajar yang discdiakan di rumah. Sctclah
155