Page 173 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 173
diimplcmentasikan. Analisisji-ont-end ini mempersiapkan institusi
untuk mengarahkan tantangan potensial yang mungkin berpengaruh
ncgatifterhadap kualitas PJJ.
Selain perbedaan struktur organisasi, proses pcngcmbangan
bahan bclajar pada PTJJ juga berbeda dcngan pengembangan bahan
belajar pada pendidikan tinggi biasa. Pada PTJJ, proses
pengembangan bahan belajar bersifat industri semu (quasi
industrial) (Tau, 2006). Proses industri semu tersebut membawa
suatu dimensi yang hampir asing dalam pengaturan dan pcngelolaan
pendidikan tinggi biasa. Perbcdaan proses pengembangan bahan
belajar ini menimbulkan situasi konflik antara kebebasan akademik
dan kepentingan mcmpertahankan cfektivitas mckanisme produksi.
Hal ini menuntut perhatian PTJJ untuk menjamin kualitas
penycdiaan atau pengcmbangan bahan belajar.
Banyak universitas biasa di Indonesia dan dunia yang telah
memperkenalkan PJJ untuk berjalan bersama-sama dengan
pcndidikan biasa dalam satu lembaga yang memuculkan pcndidiikan
tinggi dengan modus ganda. Unversity of Wisconsin dan University
of Houston di Amerika, University of NeH· England di Australia,
Universiti Sains Malaysia di Malaysia, The Universitc du Quebec a
Montreal (UQAM) dan Thompson Rivers University (TRU) di
Kanada, Indira Gandhi National Open University (IGNOU) di India,
Ramkhamhaeng University di Thailand, The University of Mindanao
On-the Air (UM Air) di Filipina, scrta Universitas Gajah Mada
(UGM) dan Institut Bank Indonesia (IBI) di Indonesia.
The Universiti Sains Malaysia (USM) merupakan pendidikan
tinggi yang menerapkan modus ganda. USM tclah berhasil
mengintegrasikan penyampaian program on-and-(~ff campus yang
sama dalam hal kurikulum dan silabus. Strategi unik yang dilakukan
adalah dengan membawa mahasiswa PJJ ke dalam pendidikan on-
campus untuk menjadi mahasiswa penuh pada tahun terakhir studi.
Stratcgi ini tidak hanya memperkaya pengalaman mahasiswa dcwasa
tetapi juga menguntungkan lingkungan kelas perkuliahan di mana
debat yang sehat dan perluasan perspektif dapat digunakan sebagai
sarana berbagi dengan mahasiswa lain yang lebih muda. Selain itu,
159