Page 173 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 173

diimplcmentasikan.  Analisisji-ont-end ini mempersiapkan institusi
        untuk mengarahkan tantangan potensial yang mungkin berpengaruh
        ncgatifterhadap kualitas PJJ.
              Selain perbedaan struktur organisasi, proses pcngcmbangan
        bahan bclajar pada PTJJ juga berbeda dcngan pengembangan bahan
        belajar pada pendidikan tinggi biasa.  Pada PTJJ, proses
        pengembangan bahan belajar bersifat industri semu (quasi
        industrial) (Tau, 2006).  Proses industri semu tersebut membawa
         suatu dimensi yang hampir asing dalam pengaturan dan pcngelolaan
        pendidikan tinggi biasa.  Perbcdaan proses pengembangan bahan
        belajar ini menimbulkan situasi konflik antara kebebasan akademik
        dan kepentingan mcmpertahankan cfektivitas mckanisme produksi.
        Hal ini menuntut perhatian PTJJ untuk menjamin kualitas
        penycdiaan atau pengcmbangan bahan belajar.
              Banyak universitas biasa di Indonesia dan dunia yang telah
        memperkenalkan PJJ untuk berjalan bersama-sama dengan
        pcndidikan biasa dalam satu lembaga yang memuculkan pcndidiikan
        tinggi dengan modus ganda.  Unversity of Wisconsin dan University
        of Houston di Amerika,  University of NeH· England di Australia,
         Universiti Sains Malaysia di  Malaysia, The  Universitc du Quebec a
        Montreal (UQAM) dan Thompson Rivers University (TRU)  di
        Kanada, Indira Gandhi National Open University (IGNOU) di India,
        Ramkhamhaeng University di Thailand, The  University of Mindanao
         On-the Air (UM Air) di Filipina, scrta Universitas Gajah Mada
         (UGM) dan Institut Bank Indonesia (IBI) di Indonesia.
              The  Universiti Sains Malaysia (USM) merupakan pendidikan
        tinggi yang menerapkan modus ganda.  USM tclah berhasil
        mengintegrasikan penyampaian program on-and-(~ff campus yang
         sama dalam hal kurikulum dan silabus.  Strategi unik yang dilakukan
         adalah dengan membawa mahasiswa PJJ ke dalam pendidikan on-
         campus untuk menjadi mahasiswa penuh pada tahun terakhir studi.
         Stratcgi ini tidak hanya memperkaya pengalaman mahasiswa dcwasa
         tetapi juga menguntungkan lingkungan kelas perkuliahan di mana
         debat yang sehat dan perluasan perspektif dapat digunakan sebagai
         sarana berbagi dengan mahasiswa lain yang lebih muda.  Selain itu,



                                                                   159
   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178