Page 172 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 172
otoritas, memiliki kerja sama dengan unit yang lain, memiliki staf
yang terlatih, dan dana yang memadai. Sehubungan dengan itu,
diperlukan pandangan dan pendckatan sistem yang akan mencakup
kecmpat kondisi tcrsebut. Pelaksanaan pcndidikan tinggi modus
ganda menuntut pemahaman sistem (sistem universitas) dan
penataan hubungan subsistem termasuk peran masing-masing dalam
menginfonnasikan rancangan sistem PJJ yang sesuai dengan
konteks.
Struktur dasar pendidikan tinggi modus ganda menuntut
adanya unit a tau bagian yang bertangt,•cmg j awab untuk
mengkoordinasikan penyediaan atau pengembangan program-
program PJJ (Tau, 2006). Fungsi unit atau bagian tersebut
memfasiltasi proses PJJ yang mencakup pengembangan bahan
bclajar, pendistribusian bahan belajar, tutorial dan konseling, laporan
peserta didik, serta penilaian atau akreditasi.
Powar (Tau, 2006) mengemukakan bahwa pengaturan yang
berhasil dalam lembaga akademik pada tingkat tertentu tcrgantung
pada struktur organisasinya. Lebihjauh Nnazor (1994 dalam Tau,
2006) mengemukakan bahwa struktur organisasi dari unit P JJ
menyediakan atau mengembangkan kerangka kcrja bagi scmua
orang yang terlibat bekerja dan juga membentuk sikap anggota
organisasi melalui proses sosialisasi organisasi. Penelitian yang
dilakukan The Tau (2002 dalam Tau, 2006) menemukan bahwa
kekurangan stratcgi implementasi untuk mcngarahkan pekerjaan PJJ
sebagai salah satu kckurangan utama yang berpcngaruh ncgatif
tcrhadap kualitas pekerjaan. Masalah pengintcgrasian struktur PJJ
kc dalam pendidikan biasa ini dihadapi oleh beberapa PTJJ modus
ganda, sepcrti University of Zambia dan the Corespondence and
Open Studies Institute di University of Lagos.
Berkenaan dengan bcrbedanya struktur organisasi PJJ dari
pcndidikan biasa, Ntlocdibe-Kuswani & Tau (2006 dalam Tau,
2006) mengemukakan pentingnya institusi memikirkan pcngcnalan
PJJ secara pelan-pelan (mid-stream) kepada seluruh unit atau staf
pendidikan tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan analisisji-ont-end
sebelum program PJJ dirancang, dikembangkan, dan
158