Page 170 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 170

mengikuti seminar, mahasiswa melakukan kegiatan belajar mandiri
        di  rumah masing-masing.  Kegiatan belajar mandiri ini diselingi
        dengan kegiatan konsultasi yang seringkali mcrupakan kcgiatan
        yang wajib diikuti oleh mahasiswa.  Kegiatan konsultasi ini
        berlangsung di kampus selama satu hari kerja. Dalam kegiatan ini
        mahasiswa mcmpcroleh bimbingan langsung dari dosen masing-
        masing mata kuliah atau mata pelajaran yang diikutinya.  Lembaga
        pcndidikan tinggi jenis ini banyak dijumpai di universitas dan
        institut di Rusia dan Jem1an.
             Ketiga adalah the Australian integrated mode.  Mcnurut jcnis
        ini, pcngajar mcmpunyai tugas ganda, yaitu merancang dan
        mclaksanakan pcrtcmuan tatap muka wajib bagi mahasiswa yang
        mengikuti PJJ dan mahasiswa yang mcngikuti pendidikan biasa.
        Baik mahasiswa pcndidikan tinggi biasa di  kampus maupun
        mahasiswajarakjauh mempcrolch pcmbinaan dan bimbingan
        akadcmik dari staf pcngajar yang sama dan diuji dengan instrumcn
        cvaluasi yang sama pula.  Pada lcmbaga yang menerapkanjcnis
        pcndidikan ini, mahasiswa yang mengikuti PJJ mempunyai hak dan
        kcwajiban yang sama dcngan mahasiswa yang mcngikuti pcndidikan
        biasa.  Perbedaan di antara kedua kclompok mahasiswa terscbut
        tcrletak pada modus atau metodc pembelajaran.  Mercka
        mcrcgistrasi mata kuliah dan mengikuti ujian yang sama serta
        mcmpcroleh ijazah atau diploma yang sama dengan mahasiswa yang
        mcngikuti pcndidikan biasa pada lembaga pendidikan tcrsebut.  Di
        samping di Australia, jcnis ini juga diterapkan di Zambia, Fiji, Papua
        Nugini, dan Jamaika.
             Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa PTJJ modus
        ganda  adalah PJJ yang disclenggarakan olch lembaga pendidikan
        tinggi biasa.  Namun demikian, suatu lembaga pendidikan tinggi
        biasa yang menyelenggarakan PTJJ  tidak disebut sebagai lembaga
        pendidikan tinggi j arak j auh tetapi tetap scbagai lcmbaga pendidikan
        tinggi biasa (Supannan & Zuhairi, 2004).
             Hal utama yang mcnyebabkan berkembangnya PJJ adalah
        pcntingnya bclajar sepanjang hayat, perkcmbangan ekonomi yang
        berbasis pcngetahuan yang global, serta kompctisi yang tergantung



        156
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175