Page 166 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 166

External Studies,  Sidney; dan tlze Alberta Correspondence School.
        Kanada  merupakan contoh dari public and private correspondence
        schools and colleges.
              Distance teaching universities atau open universities betiujuan
        mcmbcrikan layanan dukungan sebanyak mungkin bagi peserta P JJ.
        Distance teaching universities lebih mcmusatkan perhatiannya pada
        penyediaan program untuk tingkat pendidikan tinggi, meskipun ada
        beberapa lembaga pendidikanjenis ini yang menawarkan program di
         luar tingkat pendidikan tinggi.  Selain itu, jenis lembaga pendidikan
         ini menggunakan media secara lebih komprehensif dalam kegiatan
         pembelajarannya.  Contoh PTJJ dengan modus tunggal adalah
         Universitas Terbuka di Indonesia, the British Open University atau
        The United Kingdom Open University (UKOU) di  Inggris, the
         FemUniversitat di Jem1an,  Sukhothai Thammathirat Open
         University di Thailand, dan UNED di Spanyol.  Semula Kanada
        t;nemiliki tiga universitasjarakjauh dengan modus tunggal, yaitu the
         British Columbia Open University (BCOU), Tele-universite de
         I'Universite du Quebec (TELUQ), dan Athabasca Universty.
         Setelah 30 tahun Kanada hanya memiliki Athabasca University
         sebagai satu-satunya PTJJ dengan modus tunggal (Abrioux, 2006).
              Universitas Terbuka (UT) merupakan contoh PTJJ dengan
         modus tunggal di Indonesia.  Pada saat berdirinya, UT merupakan
         satu-satunya lembaga pendidikan tinggi yang menyelcnggarakan PJJ
         secara utuh (single mode).  UT didirikan pada tanggal 4 September
         1984.  UT didirikan Pemerintah Indonesia dcngan tujuan:  (1)
        memberikan kesempatan yang luas bagi warga ncgara Indonesia dan
         warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya untuk
         mcmperoleh pendidikan tinggi; (2) memberikan layanan pendidikan
         tinggi bagi mereka, yang karcna bekerja atau karena alasan lain,
         tidak dapat melanjutkan belajar di perguruan tinggi tatap muka; dan
         (3) mengembangkan program pendidikan akademik dan profcsional
         yang disesuaikan dengan kebutuhan nyata pembangunan, yang
         belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain (UT, 2004).
              UT, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang hanya
         menyelenggarakan PJJ, tidak menuntut mahasiswa untuk datang ke




         152
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171