Page 165 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 165
(generasi keempat), dan 771e Intelligent Flexible Learning Model
(generasi kelima). Sementara itu, Connolly & Stansfield (2006)
mcnyatakan bahwa penerapan tcknologi infom1asi dan komunikasi
dalam pendidikan (tidak hanya PJJ) telah memasuki gcncrasi
keenam, yang merupakan generasi ketiga dari e-learning.
Sclain itu, model-model organisasi lembaga pendidikan tinggi
jarakjauh (PTJJ) juga terus berkembang. Seeara umum, ada tiga
kategori lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakn P JJ,
yaitu PTJJ modus tunggal (single mode), modus ganda (dual mode),
dan konsorsium. Dalam artikel ini akan dikaj i ten tang ketiga j en is
organisasi PJJ tersebut.
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH MODUS TUNGGAL
Moore & Kcarslcy (1996) mengcmukakan bahwa PJJ adalah
pendidikan yang hanya bcrtujuan mcnyelenggarakan PJJ; scgala
kegiatan diarahkan a tau ditujukan pada P JJ. Pengetiian ini sesuai
dcngan pendapat Abrioux (2006) yang menyatakan bahwa lembaga
P JJ dcngan modus tunggal adalah lcmbaga pendidikan di mana
sistem pembclajaran dan administratifnya dirancang dan diarahkan
pada penyediaan PJJ.
Keegan (1991) menyebut PJJ modus tunggal dcngan istilah
autonomous distance-teaching institutions. Lebih lanjut Keegan
( 1991) dan Garrison ( 1990) membagi lembaga j en is ini kc dalam dua
kategori yaitu public and private corre:Jpondence schools and
colleges dan distance teaching universities atau open universities.
Perbedaan kedua jenis ini terletak pada kompleksitas struktur dan
ketentuan belajar.
Public and private correspondence schools and colleges
menyelenggarakan pendidikan dengan bahan bclaj ar dan proses
pembelajaran yang eenderung tidak begitu kompleks, khususnya
dalam penggunaan hig media dan pertemuan tatap muka. Selain itu,
lcmbaga ini biasanya menawarkan program kepada anak-anak atau
orang dewasa pada tingkat yang lebih rendah dari tingkat pendidikan
tinggi. The National Extention College, Cambridge; Leidse
Onderweijsinstellingen, Leidcn; the NeH· South Wales College of
151