Page 176 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 176

clcktronik.  Pada akhir kcgiatan pembelajaran, mahasiswa mcngikuti
       ujian akhir semester di kampus.
            Di samping UGM,  Institut Bankir Indonesia di Jakarta juga
       mcnyclcnggarakan program PJJ.  Adapaun program yang ditawarkan
       adalah Program Pejabat Pemberian Kredit dan Program Manajemcn
       Bank Perkreditan Rakyat (Supannan & Zuhairi, 2004).
            Dari uraian tersebut tampak bahwa karaktcristik umum jcnis
       pcndidikan tinggi modus ganda adalah mahasiswa yang mcngikuti
       PJJ tidak hanya melakukan belajar mandiri tetapi juga ada
       pe1iemuan terstruktur di kampus.  Pertcmuan tersebut wajib diikuti
       olch mahasiswa.  Sclain itu, bahan belajar yang digunakan dan soal
       ujian dikcmbangkan oleh stafpengajar pada lembaga pendidikan itu
       scndiri.  Hak dan kewajiban mahasiswa PJJ sama dengan hak dan
       kcwajiban mahasiswa pendidikan biasa.  Mata kuliah yang harus
       diambil dan ujian yang harus diikuti, serta ijazah atau scrtifikat yang
       diperoleh mahasiswa PJJ sama dcngan yang dipcrolch mahasiswa
       pcndidikan biasa.
            Gambaran eli  atas mcnunjukkan bahwa pcndiclikan tinggi
       modus ganda memiliki bebcrapa keunggulan.  Pcrtama, kombinasi
       antara bahan bclajar yang dikembangkan clalam bentuk bahan bela jar
       tcrcctak dcngan kcgiatan tatap muka lcbih mcmungkinkan
       mahasiswa untuk mcmpcrolch bahan belajar yang terstruktur dan up
       t-o  date.  Keclua, dengan adanya pcrtemuan tatap muka yang
       terjadwal, closen clapat mengontrol atau mengawasi penguasaan
       mahasiswa tcrhadap materi yang bersifat aplikasi dan keterampilan.
            Pencmuan the World Wide  Web di awal tahun 1990-an telah
       mcmberikan pcngaruh yang sangat besar terhaclap berbagai
       pcrguruan tinggi, khususnya bagi lcmbaga yang sebelumnya bclum
       mcmiliki program PJJ.  Pengembangan pcrangkat lunak telah
       mempcrmuclah para dosen dalam mengembangkan sencliri
       komponcn-komponen mengajar melalui online.  Pcnelitian yang
       clilakukan oleh Dziuban, clkk.  (1999 clalam Bates, 2000)
       menunjukkan bahwa nilai tinggi dipcroleh ketika pembelajaran tatap
       muka dikombinasikan dengan belajar online claripada pembclajaran
       yang hanya clilakukan melalui tatap muka atau hanya melalui online.




       162
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181