Page 179 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 179

•   Pelaksanaan kegiatan pcngembangan staf dan pcngajar.
              Bcberapa lembaga pendidikan yang mcncrapkan model
        konsorsium di antaranya adalah l11e National University
        Teleconference Network (NUTN) dan The  University olMid-
        America (UMA) di Amcrika,  The Deutsches Institut{itr Fernstudien
        (DIFF)  di Jerman, The  Federation Interzmiversitaire de
        L 'Enseignement a Distance (FlED) di Perancis, Italy's Consorzio
        PerL 'Universita  a Distanza (CUD) di  ltalia, The Irish National
        Distance Education Center di Dublin, dan The Northern Ontario
        Education Access Netvmrk di Kanada (Moore & Kearsley,  1996).
        Baru-baru ini sepuluh perguruan tinggi di  Indonesia bergabung
        dalam konsorsium untuk menyclenggarakan PJJ  bagi guru SD.
              NUTN  didirikan tahun 1982 dalam pertemuan National
        University Continuing Education Association (NUCEA)  di
        Washington DC.  NUTN beranggotakan 66 universitas dan The
        Smithsonian Institute, dengan basis di Oklahoma State  University,
        yang kemudian pindah ke Old Dominion University pada tahun
        1994.  Model NUTN berhasil di Amcrika karena cara kerja NUTN
        sesuai dengan perusahaan bebas dan filsafat pcrusahaan di banyak
        universitas di Amerika.
              The  University a/Mid-America (UMA) merupakan
        konsorsium yang didirikan pada tahun 1975.  UMA beranggotakan
        scmbilan medwestern universities yang didasarkan pada program
        bcrbasis video yang bcrhasil pada University a/Nebraska.  Idenya
        bahwa setiap universitas menghasilkan mata kuliah yang disediakan
        bagi semua mahasiswa pada universitas anggota konsorsium.  UMA
        berhenti pada tahun 1982 karena rendahnya pcndaftaran, tingginya
        biaya produksi video, dan hilangnya dukungan biaya.  Namun
        demikian, mata kuliah untuk belajar mandiri yang menekankan pada
        pengb,'cmaan video masih tetap digunakan oleh sebagai besar
        pcrguruan tinggi yang membentuk konsorsium.
              The Deutsches lnstitutfitr Fernstudien (DIFF) adalah lembaga
        penelitian dan pengembangan yang tidak memiliki mahasiswa
        sendiri, tetapi mengembangkan bahan belajar dan model-model
        pembelajaran untuk digunakan oleh universitas yang bekerja sama.




                                                                  165
   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184