Page 179 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 179
• Pelaksanaan kegiatan pcngembangan staf dan pcngajar.
Bcberapa lembaga pendidikan yang mcncrapkan model
konsorsium di antaranya adalah l11e National University
Teleconference Network (NUTN) dan The University olMid-
America (UMA) di Amcrika, The Deutsches Institut{itr Fernstudien
(DIFF) di Jerman, The Federation Interzmiversitaire de
L 'Enseignement a Distance (FlED) di Perancis, Italy's Consorzio
PerL 'Universita a Distanza (CUD) di ltalia, The Irish National
Distance Education Center di Dublin, dan The Northern Ontario
Education Access Netvmrk di Kanada (Moore & Kearsley, 1996).
Baru-baru ini sepuluh perguruan tinggi di Indonesia bergabung
dalam konsorsium untuk menyclenggarakan PJJ bagi guru SD.
NUTN didirikan tahun 1982 dalam pertemuan National
University Continuing Education Association (NUCEA) di
Washington DC. NUTN beranggotakan 66 universitas dan The
Smithsonian Institute, dengan basis di Oklahoma State University,
yang kemudian pindah ke Old Dominion University pada tahun
1994. Model NUTN berhasil di Amcrika karena cara kerja NUTN
sesuai dengan perusahaan bebas dan filsafat pcrusahaan di banyak
universitas di Amerika.
The University a/Mid-America (UMA) merupakan
konsorsium yang didirikan pada tahun 1975. UMA beranggotakan
scmbilan medwestern universities yang didasarkan pada program
bcrbasis video yang bcrhasil pada University a/Nebraska. Idenya
bahwa setiap universitas menghasilkan mata kuliah yang disediakan
bagi semua mahasiswa pada universitas anggota konsorsium. UMA
berhenti pada tahun 1982 karena rendahnya pcndaftaran, tingginya
biaya produksi video, dan hilangnya dukungan biaya. Namun
demikian, mata kuliah untuk belajar mandiri yang menekankan pada
pengb,'cmaan video masih tetap digunakan oleh sebagai besar
pcrguruan tinggi yang membentuk konsorsium.
The Deutsches lnstitutfitr Fernstudien (DIFF) adalah lembaga
penelitian dan pengembangan yang tidak memiliki mahasiswa
sendiri, tetapi mengembangkan bahan belajar dan model-model
pembelajaran untuk digunakan oleh universitas yang bekerja sama.
165