Page 181 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 181

secara utuh ( cetak, audio/video, web-based, dan naskah tutorial
         online) untuk dua atau tiga mata kuliah (Departemen Pcndidikan
         Nasional, 2006).

         KESIMPULAN

              Kctiga  model organisasi PTJJ (modus tunggal, ganda, dan
         konsorsium) dapat ditcrapkan untuk mengatasi masalah pemerataan
         pendidikan tinggi.  Setiap jcnis memiliki keunggulan dan
         kelemahan.  Kita tidak perlu mcmpertentangkan mana yang lebih
         baik di antara ketiganya.  Yang lebih pcnting dan yang merupakan
         tantangan bagi kita adalah bagaimana mcman[aatkan kctiga model
         organisasi pendidikan tinggi tcrsebut tidak hanya dalam upaya
         meningkatkan akses pcnduduk usia 19-24 tahun ke dalam
         pendidikan tinggi tetapi juga dalam mcmbcrikan j ami nan dan bukti
         bahwa kualitas lulusan PTJJ sama dcngan lulusan pcndidikan tinggi
         biasa. Ukurannya bukan sckedar nilai yang dicapai mahasiswa
         sclama pcrkuliahan tetapi juga kcmampuan lulusan dalam bckcrja di
         bidang yang rclevan dengan program studi yang diambilnya.
         Dengan demikian, kita tidak hanya mcngatasi masalah pcmcrataan
         pendidikan tetapi juga mcningkatkan mutu pcndidikan.

         DAFTAR PUSTAKA

         Abrioux, D. A.M.X. 2006. Strategic issues in single and dual mode
              distance education:  The organizational hlending o{tvvo
              Canadian distance universities.  [Online]. Tcrsedia:
              http://www .col. org/eolweb/webdav/site/
              myjahiasite/shared/docs/06singleDualDE  Canada.pdf  [8
              Maret 2007].
         Achir, Y.C.A.  1997. Refonnasi pcndidikan sebagai upaya
              memaksimalkan hasil pcndidikan. Dalam M.  Dawan Rahardjo
              (Ed.), Keluar dari kemelut pendidikan nasional: Menjawah
              tantangan kualitas sumberdaya man usia abad 21  . Jakarta:
               Intern usa.
         Athabasca University. 2005.  About Athabasca University.  [Online].



                                                                   167
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186