Page 181 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 181
secara utuh ( cetak, audio/video, web-based, dan naskah tutorial
online) untuk dua atau tiga mata kuliah (Departemen Pcndidikan
Nasional, 2006).
KESIMPULAN
Kctiga model organisasi PTJJ (modus tunggal, ganda, dan
konsorsium) dapat ditcrapkan untuk mengatasi masalah pemerataan
pendidikan tinggi. Setiap jcnis memiliki keunggulan dan
kelemahan. Kita tidak perlu mcmpertentangkan mana yang lebih
baik di antara ketiganya. Yang lebih pcnting dan yang merupakan
tantangan bagi kita adalah bagaimana mcman[aatkan kctiga model
organisasi pendidikan tinggi tcrsebut tidak hanya dalam upaya
meningkatkan akses pcnduduk usia 19-24 tahun ke dalam
pendidikan tinggi tetapi juga dalam mcmbcrikan j ami nan dan bukti
bahwa kualitas lulusan PTJJ sama dcngan lulusan pcndidikan tinggi
biasa. Ukurannya bukan sckedar nilai yang dicapai mahasiswa
sclama pcrkuliahan tetapi juga kcmampuan lulusan dalam bckcrja di
bidang yang rclevan dengan program studi yang diambilnya.
Dengan demikian, kita tidak hanya mcngatasi masalah pcmcrataan
pendidikan tetapi juga mcningkatkan mutu pcndidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Abrioux, D. A.M.X. 2006. Strategic issues in single and dual mode
distance education: The organizational hlending o{tvvo
Canadian distance universities. [Online]. Tcrsedia:
http://www .col. org/eolweb/webdav/site/
myjahiasite/shared/docs/06singleDualDE Canada.pdf [8
Maret 2007].
Achir, Y.C.A. 1997. Refonnasi pcndidikan sebagai upaya
memaksimalkan hasil pcndidikan. Dalam M. Dawan Rahardjo
(Ed.), Keluar dari kemelut pendidikan nasional: Menjawah
tantangan kualitas sumberdaya man usia abad 21 . Jakarta:
Intern usa.
Athabasca University. 2005. About Athabasca University. [Online].
167