Page 177 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 177

Namun demikian, karena mahasiswa harus mengikuti kegiatan
         tatap muka di kampus, pendidikan tinggi dcngan modus ganda tidak
         mungkin mcnjangkau mahasiswa dalam wilayah yang cukup luas.
         Selain itu, Abrioux (2006) mengemukakan bahwa pengajar pada PJJ
         dengan modus ganda menghadapi hambatan yang bcrat, khususnya
         pcngajar yang tidak tertarik dengan PJJ scrta yang menilai lebih
         rendah dan k.-urang efckti f bentuk PJJ dibandingkan dcngan
         pcmbclajaran tatap muka.  Bates (2000) menambahkan bahwa
         pendidikan tinggi modus ganda tidak dapat memenuhi biaya
         pcngcmbangan mata kuliah yang banyak secara terpusat.
              Lebihjauh, Bates (2000) mcngemukakan bebcrapa tantangan
         yang PJJ modus ganda, yaitu perubahan pangsa pasar,
         pcrkcmbangan dalam bidang teknologi, penurunan dana dari
         pemcrintah, privatisasi pendidikan tinggi, globalisasi, dan kompetisi
         yang meningkat.  Berkenaan degan tingkat kompetisi yang
         mcningkat, Bates (2000) mcngemukakan bahwa pcndidikan biasa
         yang bcralih pada PJJ  harus mcyakinkan atau mcnjamin kualitas
         yang tinggi pcmhclajaranjarakjauh untuk mahasiswa of(~campus
         (jarakjauh).  Hal ini tidak berarti bahwa tugas pcngajar hanya
         mcmasukkan materi kc dalam jaringan tctapi Jehih dari itu.  Pengajar
        juga harus mengembangkan pcmbclajaran dan dukungan terhadap
         mahasiswa sccara online untuk penawaran mata kuliah secara utuh.
         Lebih jauh Jones (2005) mcngemukakan bahwa dari basil pcnclitian
         tentang penambahan tugas dari lcmhaga pcndidikan biasa (tatap
         muka) mcnjadi PJJ mcnuntut adanya asesmen ulang atau
         rcstrukturisasi pcran pcngajar.  Hal ini bcrkenaan dcngan  pcran
         akadcmis yang bcrkaitan dengan kompctensi yang harus dimiliki
         olch pengajar jarakjauh, layanan lcmbaga, dan pcngcmhangan
         profcsinal.
              Dalam beberapa lembaga pcndidikan modus ganda, P.JJ
         didcscntralisasi pada sctiap fakultas.  Kctika PJJ  didcscntralisasi di
         fakultas, kegiatan cenderung menurun dibandingkan dcngan sistem
         sentralisasi, kccuali dalam bidang kcgiatan yang mcmungkinkan
         bkultas akan mcmpcroleh dana atau masukan.





                                                                   163
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182