Page 177 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 177
Namun demikian, karena mahasiswa harus mengikuti kegiatan
tatap muka di kampus, pendidikan tinggi dcngan modus ganda tidak
mungkin mcnjangkau mahasiswa dalam wilayah yang cukup luas.
Selain itu, Abrioux (2006) mengemukakan bahwa pengajar pada PJJ
dengan modus ganda menghadapi hambatan yang bcrat, khususnya
pcngajar yang tidak tertarik dengan PJJ scrta yang menilai lebih
rendah dan k.-urang efckti f bentuk PJJ dibandingkan dcngan
pcmbclajaran tatap muka. Bates (2000) menambahkan bahwa
pendidikan tinggi modus ganda tidak dapat memenuhi biaya
pcngcmbangan mata kuliah yang banyak secara terpusat.
Lebihjauh, Bates (2000) mcngemukakan bebcrapa tantangan
yang PJJ modus ganda, yaitu perubahan pangsa pasar,
pcrkcmbangan dalam bidang teknologi, penurunan dana dari
pemcrintah, privatisasi pendidikan tinggi, globalisasi, dan kompetisi
yang meningkat. Berkenaan degan tingkat kompetisi yang
mcningkat, Bates (2000) mcngemukakan bahwa pcndidikan biasa
yang bcralih pada PJJ harus mcyakinkan atau mcnjamin kualitas
yang tinggi pcmhclajaranjarakjauh untuk mahasiswa of(~campus
(jarakjauh). Hal ini tidak berarti bahwa tugas pcngajar hanya
mcmasukkan materi kc dalam jaringan tctapi Jehih dari itu. Pengajar
juga harus mengembangkan pcmbclajaran dan dukungan terhadap
mahasiswa sccara online untuk penawaran mata kuliah secara utuh.
Lebih jauh Jones (2005) mcngemukakan bahwa dari basil pcnclitian
tentang penambahan tugas dari lcmhaga pcndidikan biasa (tatap
muka) mcnjadi PJJ mcnuntut adanya asesmen ulang atau
rcstrukturisasi pcran pcngajar. Hal ini bcrkenaan dcngan pcran
akadcmis yang bcrkaitan dengan kompctensi yang harus dimiliki
olch pengajar jarakjauh, layanan lcmbaga, dan pcngcmhangan
profcsinal.
Dalam beberapa lembaga pcndidikan modus ganda, P.JJ
didcscntralisasi pada sctiap fakultas. Kctika PJJ didcscntralisasi di
fakultas, kegiatan cenderung menurun dibandingkan dcngan sistem
sentralisasi, kccuali dalam bidang kcgiatan yang mcmungkinkan
bkultas akan mcmpcroleh dana atau masukan.
163