Page 186 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 186

~-·········· ········ ........................ ········ .... ·········-:
                    Mengidcntifikasi             Menentukan Tujuan
                   Kebutuhan Belajar                   Bela  jar
                 : ................................................................. ;






                   Mengevaluasi Hasil               Menyiapkan
                    dan Proses Bclajar             Rcncana Belajar






                     Me laksanakan                 Mencari Sumber
                     Rencana Bclajar                 Daya yang



       Gambar 1.  Proses Bclajar Mandiri (Gugliclmino & Gugliclmino,
                  1991)

             Universitas Tcrbuka (UT) mcrupakan Pendidikan Tinggi
       Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) mempunyai karakteristik yang unik,
       yang mcmbcdakannya dari perguruan tinggi biasa (konvensional).
        Pcrbcdaan tersebut mcnyangkut bcrbagai aspek, satu di  antaranya
       adalah dalam sistcm pcmbelajaran. Jika pcrguruan tinggi
       konvensionallcbih menckankan pcmbclajaran dalam bentuk tatap
       muka, scdangkan PTJJ mclakukan pcmbclajaran dengan tcrbuka dan
       jarak jauh.  Istilahjarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan
        secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak
        (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputcr/Intcrnct, siaran
        radio dan tclevisi).  Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan
       usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, frckuensi
        mcngikuti ujian, dan scbagainya (Katalog Universitas Terbuka,
        2006).  UT scbagai institusi pendidikan juga mcnerapkan sistcm PJJ



        172
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191