Page 186 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 186
~-·········· ········ ........................ ········ .... ·········-:
Mengidcntifikasi Menentukan Tujuan
Kebutuhan Belajar Bela jar
: ................................................................. ;
Mengevaluasi Hasil Menyiapkan
dan Proses Bclajar Rcncana Belajar
Me laksanakan Mencari Sumber
Rencana Bclajar Daya yang
Gambar 1. Proses Bclajar Mandiri (Gugliclmino & Gugliclmino,
1991)
Universitas Tcrbuka (UT) mcrupakan Pendidikan Tinggi
Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) mempunyai karakteristik yang unik,
yang mcmbcdakannya dari perguruan tinggi biasa (konvensional).
Pcrbcdaan tersebut mcnyangkut bcrbagai aspek, satu di antaranya
adalah dalam sistcm pcmbelajaran. Jika pcrguruan tinggi
konvensionallcbih menckankan pcmbclajaran dalam bentuk tatap
muka, scdangkan PTJJ mclakukan pcmbclajaran dengan tcrbuka dan
jarak jauh. Istilahjarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan
secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak
(modul) maupun non-cetak (audio/video, komputcr/Intcrnct, siaran
radio dan tclevisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan
usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, frckuensi
mcngikuti ujian, dan scbagainya (Katalog Universitas Terbuka,
2006). UT scbagai institusi pendidikan juga mcnerapkan sistcm PJJ
172