Page 188 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 188
karena bertcntangan dcngan peraturan yang bcrlaku diinformasikan
kcpada mahsiswa secara lisan maupun tulisan. Layanan ini
4iharapkan dapat mengurangi kendala non akademis yang dapat
menghambat proses bclajar dan kelangsungan belajar mahasiswa UT
(Puspitasari, 2002). Layanan yang diberikan misalnya, kelcngkapan
registrasi, ketcrsediaan bahan ajar, alih krcdit, basil ujian, dan
kclulusan mahasiswa.
Layanan Akademik. Mahasiswa UT diharapkan dapat
belajar sccara mandiri, baik dcngan cara belajar sendiri, bclajar
kelompok, maupun dengan cara mcngikuti tutorial (Puspitasari,
2002). Kcgiatan ini diharapkan dapat mcmbantu mahasiswa yang
mcngalami kesulitan dalam memahami materi bahan ajar, tctapi
kcgiatan ini tidak scpcrti kcgiatan mcngajar di perguruan tinggi
konvensional. Mengingat mahasiswa UT tcrdiri dari beragam Jatar
bclakang seperti usia, bidang pekctjaan, tcmpat tinggal, dan lain-
lain, maka UT menyediakan bantuan belajar dalam bentuk tutorial
yang beragam pula seperti tatap muka, tutorial tcrtulis, tutorial radio,
tutorial online, dan tutorial tclepon, scrta bimbingan tugas akhir
program (TAP).
Bentuk tutorialmcrupakan suatu cara mcnyampaikan bantuan
dan bimbingan bclajar kepada mahasiswa. Menurut Pcdoman
Umum Penyclenggaraan Tutorial (2004), ada bebcrapa bentuk
tutorial yang tclah dikembangkan dan discdiakan oleh ur scbagai
salah satu bentuk layanan bantuan bela jar bagi mahasiswa sesuai
dengan kcterscdiaan infrastruktur, sarana dan prasarana, scrta
sumber daya manusia yang melaksanakan tutorial terscbut. Sccara
umum, dikembangkannya bebcrapa bentuk tutorial tersebut
mcmpunyai tujuan (1) membantu mahasiswa dalam memecahkan
bcrbagai bclajar melalui tambahan penjelasan, tambahan informasi,
diskusi dan kegiatan lainya, (2) meningkatkan motivasi mahasiswa
untuk bclajar dan mcnyclesaikan studinya, (3)
menumbuhkcmbangkan kemampuan bclajar mandiri mahasiswa, (4)
membcri kescmpatan kcpada mahasiswa untuk mengikuti bentuk
tutorial yang paling sesuai dengan kondisinya, (5) dan mcningkatkan
kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian.
174