Page 188 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 188

karena bertcntangan dcngan peraturan yang bcrlaku diinformasikan
        kcpada mahsiswa secara lisan maupun tulisan.  Layanan ini
        4iharapkan dapat mengurangi kendala non akademis yang dapat
        menghambat proses bclajar dan kelangsungan belajar mahasiswa UT
        (Puspitasari, 2002).  Layanan yang diberikan misalnya, kelcngkapan
        registrasi, ketcrsediaan bahan ajar, alih krcdit, basil ujian, dan
        kclulusan mahasiswa.
              Layanan Akademik.  Mahasiswa UT diharapkan dapat
        belajar sccara mandiri, baik dcngan cara belajar sendiri, bclajar
        kelompok, maupun dengan cara mcngikuti tutorial (Puspitasari,
        2002).  Kcgiatan ini diharapkan dapat mcmbantu mahasiswa yang
        mcngalami kesulitan dalam memahami materi bahan ajar, tctapi
        kcgiatan ini tidak scpcrti kcgiatan mcngajar di perguruan tinggi
        konvensional.  Mengingat mahasiswa UT tcrdiri dari beragam Jatar
        bclakang seperti usia, bidang pekctjaan, tcmpat tinggal, dan lain-
        lain, maka UT menyediakan bantuan belajar dalam bentuk tutorial
        yang beragam pula seperti tatap muka, tutorial tcrtulis, tutorial radio,
        tutorial online, dan tutorial tclepon, scrta bimbingan tugas akhir
        program (TAP).
              Bentuk tutorialmcrupakan suatu cara mcnyampaikan bantuan
        dan bimbingan bclajar kepada mahasiswa.  Menurut Pcdoman
        Umum Penyclenggaraan Tutorial (2004), ada bebcrapa bentuk
        tutorial yang tclah dikembangkan dan discdiakan oleh ur scbagai
        salah satu bentuk layanan bantuan bela  jar bagi mahasiswa sesuai
        dengan kcterscdiaan infrastruktur, sarana dan prasarana, scrta
        sumber daya manusia yang melaksanakan tutorial terscbut.  Sccara
        umum, dikembangkannya bebcrapa bentuk tutorial tersebut
        mcmpunyai tujuan (1) membantu mahasiswa dalam memecahkan
        bcrbagai bclajar melalui tambahan penjelasan, tambahan informasi,
        diskusi dan kegiatan lainya, (2) meningkatkan motivasi mahasiswa
        untuk bclajar dan mcnyclesaikan studinya, (3)
        menumbuhkcmbangkan kemampuan bclajar mandiri mahasiswa, (4)
        membcri kescmpatan kcpada mahasiswa untuk mengikuti bentuk
        tutorial yang paling sesuai dengan kondisinya, (5) dan mcningkatkan
        kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian.




         174
   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193