Page 191 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 191

penelitian yang mereka lakukan terhadap kelompok belajar
       mahasiswa UT.  Mahasiswa, dengan bantuan UPBJJ-UT, telah
       berhasil mendirikan kelompok belajar tetapi kemudian kelompok
       belajar tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal yang tercermin
       dari, misalnya, kurangnya pertemuan untuk mendiskusikan materi
       dan kurangnya penyebaran informasi tentang keberadaan sumber
       belaj ar tersebut.
             Zaidin, Firman, & Sigit (2003) menemukan bal1Wa fasilitas
       pembelajaran yang dapat diakses melalui Internet yang disediakan
       UT menarik perhatian 73.07% responden dalam penelitian mercka.
       Mcskipun demikian, peneliti lain menemukan bahwa hanya 35%
       mahasiswa yang memanfaatkan kios Internet (Padmo & Anggoro,
       2002). Bahkan pada penelitian Susanti (2006) hanya 14%
       mahasiswa program Magister mampu mcmanfaatkan teknologi
       pcmbelajaran dengan baik. Di samping itu, Kusmawan (200 1)
       menemukan bahwa meskipun mahasiswa UT tertarik terhadap
       fasilitas belajar melalui beragam media yang disediakan UT tetapi
       pemanfaatan beragam fasilitas beragam media masih rendah.
       Rendahnya pemanfaatanjuga terjadi pada pemanfaatan radio dan
       televisi (Padmo &  Anggoro, 2002).  Alasan yang sering
        dikemukakan berkaitan dengan rendahnya pemanfaatan media oleh
       mahasiswa adalah kurang terampilnya mahasiswa seperti yang
       dinyatakan oleh 65,5% dari responden dalam penelitian Zaidin,
       Finna, & Sigit (2003) demikian pula pada penelitian Afriani (2006)
        75% respondcn mahasiswa kcsulitan mengakses tuton karena tidak
       semua memiliki komputer dan kurang trampil  mengakses tuton.
       Temuan yang sama juga diperoleh pada penelitian  Mulyatno, 2006,
       responden mahasiswa memi liki keterbatasan kemampuan ( 11.1% ),
        dana (17.8%) dan peralatan (20%),  di  samping itujuga  responden
       memiliki keterbatasan waktu untuk akses (26.7%).

        PENUTUP
             Berkaitan dengan temuan yang terkait dengan bantuan belajar,
       berikut saran kebijakan yang dapat diambil institusi yang diharapkan
        dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa.


                                                                  177
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196