Page 189 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 189
Mahasiswa memiliki kebebasan untuk memanfaatkan bantuan
belajar yang sesuai dcngan keperluan mercka. Disamping tutorial,
mahasiswa UT juga memanfaatkan kclompok bela jar untuk
membantu mereka menguasai materi belajar.
Berikut ini hasil penelitian di UT yang berkaitam dcngan
bantuan bclajar dan pcmanfaatan sumber bclajar.
Beberapa kondisi yang ditemukan dalam pcnelitian yang
dilakukan mengenai bantuan bclajar seperti penclitian yang
dilakukan Ruganda (2004) yang menemukan bahwa mayoritas
respondcnnya menyatakan kepuasan terhadap layanan tutorial yang
diberikan. Sementara itu, Noviyanti (2002), Sunarjo & Kamsir
(2004) mencmukan bahwa respondcn mahasiswa mcnyatakan
tutorial tatap muka sebagai bcntuk tutorial yang paling diminati.
Ditambah lagi dengan hasil tcmuan dari (Jovanka, 2006 ), tutor
sangat mcnguasai dan trampil dalam mclaksanakan tutorial tatap
muka. Hal ini dipcrkuat penelitian Meilani ct al (1997) yang
menemukan bahwa 65,8% mahasiswa menginginkan frekucnsi
tutorial ditingkatkan. Semcntara penelitian Warsito (2006), 85%
responden mahasiswa Matematika menyenangi tutorial tertulis,
scdang untuk tutorial pcminatnya sangat rcndah bahkan untuk tuton
nyaris tidak ada responden. Scmcntara itu hasil tcmuan Afriani
(2006), 80% mahasiswa rcspondcn mcnyatakan pcnyajian Tutorial
On-line (tuton) menarik tidak mcmbosankan karcna tampilan pcnuh
wama atau co!ourfit!!, tampilan dengan ilustrasi, dan materi inisiasi
disusun sccara sistematis schingga mempcnnudah mcrcka dalam
mempclajari setiap materi, tugas dan latihan mudah dikcrjakan,
tctapi 75% dari respond en tuton juga mcngalami kesulitan dalam
mengakscs tuton. Kesulitan karena login lama, kctcrbatasan sarana
internet (tidak scmua memiliki komputer sendiri) dan tidak
mengctahui cara mengakses tuton. Responden dalam penelitian
Meilani ct al ( 1997) juga mengeluhkan pclaksanaan tutorial tidak
tepat waktu dan tutor kurang menguasai materi. Sccara umum,
mahasiswa menyatakan puas terhadap tutorial yang dibcrikan, baik
itu tutorial tatap muka (lrawan, 1997; Ruganda, 2004; Jovanta,
175