Page 189 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 189

Mahasiswa memiliki kebebasan untuk memanfaatkan bantuan
       belajar yang sesuai dcngan keperluan mercka.  Disamping tutorial,
       mahasiswa UT juga memanfaatkan kclompok bela jar untuk
       membantu mereka menguasai materi belajar.
             Berikut ini hasil penelitian di  UT yang berkaitam dcngan
       bantuan bclajar dan pcmanfaatan sumber bclajar.
             Beberapa kondisi yang ditemukan dalam pcnelitian yang
       dilakukan mengenai bantuan bclajar seperti penclitian yang
       dilakukan Ruganda (2004) yang menemukan bahwa mayoritas
       respondcnnya menyatakan kepuasan terhadap layanan tutorial yang
       diberikan.  Sementara itu, Noviyanti (2002),  Sunarjo & Kamsir
       (2004) mencmukan bahwa respondcn mahasiswa mcnyatakan
       tutorial tatap muka sebagai bcntuk tutorial yang paling diminati.
       Ditambah lagi dengan hasil tcmuan dari (Jovanka, 2006  ),  tutor
       sangat mcnguasai dan trampil dalam mclaksanakan tutorial tatap
       muka.  Hal ini dipcrkuat penelitian Meilani ct al  (1997) yang
       menemukan bahwa 65,8% mahasiswa menginginkan frekucnsi
       tutorial ditingkatkan.  Semcntara penelitian Warsito (2006), 85%
       responden mahasiswa Matematika menyenangi tutorial tertulis,
       scdang untuk tutorial pcminatnya sangat rcndah bahkan untuk tuton
       nyaris tidak ada responden.  Scmcntara itu hasil tcmuan Afriani
       (2006), 80% mahasiswa rcspondcn mcnyatakan pcnyajian Tutorial
       On-line (tuton) menarik tidak mcmbosankan karcna tampilan pcnuh
       wama atau co!ourfit!!, tampilan dengan ilustrasi, dan materi inisiasi
       disusun sccara sistematis schingga mempcnnudah mcrcka dalam
       mempclajari setiap materi, tugas dan latihan mudah dikcrjakan,
       tctapi 75% dari respond en tuton juga mcngalami kesulitan dalam
       mengakscs tuton.  Kesulitan karena login lama, kctcrbatasan sarana
       internet (tidak scmua memiliki komputer sendiri) dan tidak
       mengctahui cara mengakses tuton.  Responden dalam penelitian
       Meilani ct al ( 1997) juga mengeluhkan pclaksanaan tutorial tidak
       tepat waktu dan tutor kurang menguasai materi.  Sccara umum,
       mahasiswa menyatakan puas terhadap tutorial yang dibcrikan, baik
       itu tutorial tatap muka (lrawan,  1997; Ruganda, 2004; Jovanta,





                                                                  175
   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194